Inilah Video "Makkah Tercipta Karena Seorang Wanita" Yang Membuat Ustad Yusuf Mansur Menangis




Bisa mengunjungi kota Makkah menjadi sebuah kerinduan yang mendalam bagi setiap umat islam, entah yang belum pernah ataupun yang sudah menjalaninya. Terlebih lagi jika sudah masuk dalam bulan haji dimana seringkali ditampilkan di berbagai media bagaimana suasana keharuan jutaan muslim dari berbagai negara yang melakukan ibadah secara bersama-sama.

Inilah Video "Makkah Tercipta Karena Seorang Wanita" Yang Membuat Ustad Yusuf Mansur Menangis

Kisah tentang terciptanya kota Mekkah pun dituturkan dalam sebuah video ceramah yang sangat menyentuh. Bahkan video yang berjudul “Makkah Tercipta Karena Seorang Wanita” itu pun membuat seorang ustad Yusuf Mansur menangis.

“Sungguh saya menangis melihat video ini dan bergetar hati..” ucapnya dalam media sosial Facebook.

Penjelasan tentang kisah terciptanya kota Makkah itu diceritakan oleh Syaikh Bilal Assad. Awalnya ia menceritakan tentang pernikahan antara Nabi Ibrahim dengan Siti Hajar lantaran Siti Sarah tidak juga memiliki anak. Pernikahan itupun dicetuskan oleh Siti Sarah dan ia juga yang memilihkan Siti Hajar untuk Nabi Ibrahim.

Hingga akhirnya Siti Hajar melahirkan seorang anak bernama Ismail yang kelak menjadi seorang Nabi pula. Namun bukannya lama-lama berkumpul dengan anak dan istrinya, Nabi Ibrahim justru meninggalkan keduanya di sebuah lembah yang gersang.

Siti Hajar yang tak mengerti dengan tujuan Nabi Ibrahim kemudian bertanya, “Kepada siapa engkau meninggalkan kami?”

Pertanyaan itu terus diucapkannya, namun Nabi Ibrahim tidak juga menjawab dan tetap berlalu. Hingga akhirnya Siti Hajar bertanya, “Apakah Allah yang memerintahkanmu?”

Nabi Ibrahim kemudian menjawab, “Ya.”

“Kalau begitu, Allah tidak akan membiarkan kami. Allah tidak akan menelantarkan kami,” ucap Siti Hajar.

Maka ketika perbekalan Siti Hajar sudah habis seperti makanan dan air, ia pun berlari ke bukit Safa dan Marwah hingga 7 kali demi mencari air untuk Ismail yang menangis terus menerus. Namun ternyata dengan kehendak Allah, air yang dicari justru keluar dan memancar dari kaki Ismail yang masih bayi. Dan itulah sumber air zamzam yang kini tak henti-henti mengalir dan memberikan minuman bagi para jamaah haji.

Tempat itu pun menjadi sebuah kota bernama Makkah. Dengan munculnya mata air tersebut, Siti Hajar yang awalnya hanya bertemankan Ismail kemudian diramaikan dengan sejumlah musafir dan tinggal di sana. Terlebih setelah dikokohkannya pondasi Ka’bah, membuat kota tersebut ramai dikunjungi hingga saat ini guna melaksanakan ibadah haji.

“Allah menakdirkan di sana juga tumbuh sebuah kota, yang tak pernah ada sebelumnya dan hal ini dikarenakan kesalehan Hajar. Allah mengangkat derajatnya di dalam Al-Qur’an, dia diangkat derajatnya hingga hari ini. Jutaan muslim di seluruh dunia pergi berhaji. Baik pria dan wanita melakukan ritual dari seorang wanita? Apa yang kita lakukan? Kita berlari-lari kecil di antara Safa dan Marwa hanya karena seorang wanita,” ucap Bilal Assad dalam video tersebut.

Berikut video yang berdurasi 6 menit 43 detik dan membuat ustad Yusuf Mansur menangis tersebut.



Lihat Juga: