Tak Adil Berpoligami, Ini Yang Akan Dirasakan Para Suami Di Akhirat Kelak




Tak Adil Berpoligami, Ini Yang Akan Dirasakan Para Suami Di Akhirat Kelak

Tak Adil Berpoligami, Ini Yang Akan Dirasakan Para Suami Di Akhirat Kelak

Dalam ajaran agama islam, seorang suami memiliki keleluasaan untuk melaksanakan poligami. Namun tentunya harus diketahui dahulu apa motif dari keinginannya untuk berpoligami. Karena jika hanya ingin memuaskan n4fsu syahwat dan keegoisan saja, hal tersebut tidak dibenarkan dalam agama.

Lain halnya jika ingin membina rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah serta membantu mereka dalam berbagai bidang, maka islam memperbolehkannya.

Poligami memang sebagian besar memicu penolakan oleh istri pertama. Apabila penyebabnya dikarenakan rasa cemburu, maka hal tersebut sangatlah wajar karena memang naluri seorang wanita memanglah Allah ciptakan demikian.

Agar hal tersebut bisa terselesaikan, penuhilah setiap hak dan kewajiban kepada istri pertama mulai dari jatah mabit (menginap) hingga nafkah lahir maupun batin.

Seorang istri tidak memiliki hak untuk mengucapkan kata talak. Meski demikian, mereka memiliki hak untuk menggugat cerai atau khuluk. Dan hal tersebut disahkan oleh agama, entah apa penyebab ataupun alasannya.

Beberapa alasan yang dibenarkan oleh agama bagi istri yang menggugat cerai adalah apabila ia didzalimi oleh sang suami. Kedzaliman tersebut meliputi tidak diberikannya nafkah, dihilangkannya hak istri, tidak mendapatkan perhatian suami dan yang lainnya.

Jika istri sudah merasakan hal yang demikian, maka seorang suami harus segera berlindung kepada Allah Ta’ala dan meminta ampunan serta segera memperbaiki kesalahannya. Hal ini sangat beralasan karena Rasulullah menyampaikan bahwa mereka yang tidak adil dalam berpoligami akan mendapati tubuhnya dalam keadaan miring di akhirat kelak.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Siapa saja orangnya yang memiliki dua istri lalu lebih cenderung kepada salah satunya, pada hari kiamat kelak ia akan datang dalam keadaan sebagian tubuhnya miring.” (HR Abu Dawud, An Nasai, Tirmidzi, Ad Darimi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al Hakim)

Sementara dalam Sunan Tirmidzi, Rasulullah bersabda,

“Apabila seorang laki-laki memiliki dua istri namun tidak berlaku adil di antara keduanya, pada hari kiamat kelak ia akan datang dalam keadaan sebagian tubuhnya miring.” (HR Tirmidzi)

Baca Juga:


Semoga para laki-laki hendaknya berpikir lebih jauh untuk melaksanakan poligami jika memang tidak mampu memberikan hak dan kewajiban kepada istri-istrinya dan melaksanakan syariat tersebut hanya dilandasi syahwat semata. Wallahu A’lam