Sembarangan Membuang Air Panas Bisa Mengenai Jin, Benarkah?




Sembarangan Membuang Air Panas Bisa Mengenai Jin, Benarkah?

Sembarangan Membuang Air Panas Bisa Mengenai Jin, Benarkah?

Dalam hidup ini Allah menciptakan dua makhluk yang bertugas untuk beribadah kepada-Nya yakni manusia sebagai makhluk yang kasat mata dan jin sebagai makhluk yang tak kasat mata. Karenanya bagi manusia sudah seharusnya berhati-hati dalam bertindak agar jangan sampai apa yang dilakukannya justru mengganggu jin.

Salah satu yang seringkali dilakukan oleh manusia adalah membuang air panas. Tahukah bahwa membuang air panas sembarang bisa mengenai jin? Meski tidak ada dalil yang menegaskannya, namun hal ini telah terbukti dan para ulama pun telah menyatakan demikian.

Dalam Majmu Fatawa, Syaikhul Islam telah menjelaskan bahwa jin dapat merasuk dalam tubuh manusia lantaran tiga sebab yakni karena ia menyukai orang yang ia rasuki, karena manusia tersebut telah mengganggunya dan karena iseng semata.

Jin yang senang terhadap seseorang yang dirasukinya akan merasakan tenang di dalamnya. Kerasukan semacam ini terbilang ringan dan paling mudah untuk diatasi. Sementara kerasukan yang diakibatkan karena merasa terganggu biasanya dikarenakan telah mengencingi jin atau menyiram air panas sembarangan. Kerasukan ini termasuk berat dan bisa menjadikan seseorang terbunuh karenanya.

Adapun kerasukan karena iseng semata sama seperti halnya anak kecil yang senang mengganggu orang yang sedang lewat.

Lebih jauh lagi dalam kitab tersebut juga dijelaskan meski manusia tidak mampu melihat jin dan tidak menyadari keberadaannya, tetap saja ada jin yang dzalim dan bodoh akan aturan sehingga memiliki niat untuk membalas kesalahan manusia yang tidak disengaja tersebut.

Lantas Bagaimanakah Adab Dalam Membuang Air Panas Yang Seharusnya?

Beberapa adab yang harus diperhatikan ketika hendak membuang air panas, diantaranya:

1. Senantiasa Berdzikir Setiap Pagi Dan Petang

Dzikir menjadi sebuah benteng bagi diri manusia sehingga dapat terlindung dari berbagai gangguan makhluk yang tak kasat mata. Sementara untuk bacaan dzikirnya, kita bisa menggunakan bacaan dzikir setelah shalat ataupun yang lainnya.

2. Hindari Membuang Air Panas Di Tempat Yang Sering Dihuni Jin

Salah satu tempat yang menjadi sarang bagi jin di dalam rumah adalah kamar mandi. Tak heran jika para ulama melarang untuk membuang air panas di tempat tersebut. Rasulullah pun berpesan kepada umatnya untuk berdoa ketika hendak masuk ke dalam kamar mandi atau toilet.

Dari Zaid bin Arqam Radhiyallahu ’Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya tempat buang air itu dikerubuti (oleh setan). Karena itu, apabila kalian masuk toilet, bacalah ‘Aku berlindung kepada Allah dari setan lelaki dan setan wanita.” (HR Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah)

Selain di kamar mandi, kita pun dilarang membuang air panas di lubang-lubang tanah karena lubang tersebut bisa jadi tempat persembunyian bagi jin.

Dari Qatadah, dari Abullah bin Sirjis, Ia berkata: Bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melarang kencing di lubang. Qatadah ditanya, “Mengapa kencing di lubang dilarang?” Beliau kemudian menjawab, “Lubang itu tempat persembunyian jin.” (HR Ahmad, Nasai, Abu Daud)

3. Bacalah Basmalah Ketika Membuang Air Panas

Sebaiknya bacalah basmalah ketika membuang air panas, entah saat di dekat rumah maupun di tempat yang asing.

Syaikh Abdurrahman Al Barrak ditanya mengenai anjuran atau dalil keharusan membaca basmalah saat membuang air panas. Beliau menjawab bahwa ia tidak mengetahui ada dalil yang menganjurkannya. Meski demikian ucapan tersebut termasuk bisa mengusir setan dan menghalangi kejahatan mereka. Sama halnya seperti ketika kita akan tidur ataupun masuk ke dalam rumah.

Jin pun secara langsung menyatakan pentingnya untuk mengucapkan basmalah ketika akan membuang air panas. Hal ini terjadi dalam cerita Syaikh Abdul Aziz As Sidhan. Saat itu ia sedang menghadiri orang yang kesurupan dan mendengar dialog antara yang kesurupan dengan yang meruqyah.

Ketika ditanya mengapa jin tersebut masuk ke dalam tubuh seseorang, ia berkata bahwa orang tersebut telah membuang air panas dan mengenai anaknya hingga mati. Peruqyah tersebut menjawab bahwa orang tersebut tidak tahu jika ada anak jin di tempat tersebut. Namun jin itu menasehati agar setiap orang membaca basmalah saat membuang air panas sehingga bangsa jin bisa segera menghindar sebelum terkena air panas tersebut.

Baca Juga:


Semoga kita bisa lebih berhati-hati dalam membuang air panas dan tentunya mengikuti adab-adab yang telah disampaikan. Wallahu A’lam