Inna Lillahi, Jamaah Haji Asal Ponorogo Meninggal Dunia Di Masjid Nabawi




Seorang jamaah haji asal Ponorogo, Jawa Timur, Senen bin Dono Medjo (79), meninggal dunia ketika sedang melaksanakan sholat berjama'ah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat malam waktu setempat.

Informasi meninggalnya Senen diperoleh dari laporan surat kematian (certificate of death (COD) dari petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Madinah.

Inna Lillahi, Jamaah Haji Asal Ponorogo Meninggal Dunia Di Masjid Nabawi


Jamaah haji dari kelompok terbang SUB-07 dengan nomor paspor B-3252724 tersebut meninggal dunia pada pukul 19.00 waktu Arab Saudi. Ia tercatat sebagai anggota jamaah pertama asal Indonesia yang meninggal dunia pada musim haji 2016.

Keterangan pada COD menyebutkan Senen meninggal dunia karena tekanan darah tinggi dan AMI (Acute Myocardial Infarction) --terhentinya aliran darah ke bagian jantung yang menyebabkan kerusakan otot jantung.

Senen berasal dari Pintu Sidorejo, Ponorogo, Jawa Timur. Serangan jantung yang menimpanya dipicu oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dan cardiopulmonary arrest atau kehilangan fungsi jantung secara mendadak.

Hingga Jumat (12/8), Senen tercatat sebagai jamaah pertama yang meninggal dunia.

Sementara itu hingga hari ke empat pemberangkatan, jamaah haji Indonesia yang sudah mendarat di Madinah mencapai 219.788 orang yang disertai oleh 245 petugas kloter.

Jamaah haji gelombang pertama itu diberangkatkan dari bandara Halim Perdanakusuma menuju Madinah untuk tinggal selama sekitar sembilan hari guna menjalankan ibadah Arbain atau shalat wajib berjamaah di Masjid Nabawi sebanyak 40 rakaat tanpa putus. Mulai 18 Agustus secara bertahap mereka akan bergeser ke Makkah untuk mengikuti ibadah puncak haji.