Hijab Ternyata Merupakan Budaya Nusantara Juga, Ini Buktinya!




Hijab Ternyata Merupakan Budaya Nusantara Juga, Ini Buktinya!
Budaya Nusantara berbentuk hijab di Bima, NTB (FP Indonesia Menutup Aurat)
Hijab Ternyata Merupakan Budaya Nusantara Juga, Ini Buktinya!

Banyak yang beranggapan bahwa hijab atau jilbab merupakan sebuah tradisi dari Arab dan bukan merupakan bagian dari nusantara. Ternyata mereka yang memiliki pandangan seperti itu tidak mendalami sejarah nusantara secara penuh.

Sebuah Fanpage Facebook Indonesia Menutup Aurat menguak fakta bahwa hijab ternyata merupakan budaya nusantara juga. Salah satunya adalah yang terlihat di kalangan wanita Bima, Nusa Tenggara Barat yang mengenakan Rimpu yakni pakaian khas tradisional Bima yang berbentuk hijab.

Dijelaskan bahwa ada ada dua macam pakaian adat Rimpu yang dipakai oleh wanita Bima yaitu Rimpu Mpida dan Rimpu Colo. Rimpu Mpida merupakan pakaian adat yang memiliki cadar sehingga menutupi sebagian wajah dari wanita dan biasanya mereka yang menggunakan pakaian ini berstatus belum menikah.

Sementara wanita yang mengenakan Rimpu Colo tidak menggunakan cadar dan biasanya digunakan oleh ibu-ibu atau yang telah menikah.

Keunikan dari pakaian nusantara berbentuk hijab ini adalah kain yang digunakan dimana menggunakan kain sarung khas Bima atau yang dikenal sarung Nggoli.

Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa pemberitaan tentang budaya nusantara ini kurang terlihat di berbagai media sehingga terkesan tidak ada. Padahal terbukti bahwa hijab menjadi bagian dari budaya nusantara yang tidak boleh kita lecehkan.

Jadi bagi yang merasa bahwa hijab hanya merupakan budaya arab saja dan bukan bagian dari budaya nusantara, sebaiknya berpikir dahulu sebelum berkomentar.

Baca Juga: