Bacalah 7 Wasiat Rasulullah Untuk Sahabatnya Yang Mulia Sekaligus Untuk Kita Semua




Bacalah 7 Wasiat Rasulullah Untuk Sahabatnya Yang Mulia Dan Kepada Kita Semua

Bacalah Wasiat Rasulullah Untuk Sahabatnya Yang Mulia Sekaligus Untuk Kita Semua

Akhlak dan pribadi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sangatlah mulia. Tak heran jika Rasulullah pun memiliki sahabat-sahabat yang memiliki akhlak yang serupa. Salah satunya adalah Jandab bin Janadah atau yang dikenal dalam sejarah sebagai Abu Dzar Al Ghifari.

Sifat Abu Dzar dikenal sangat baik dan santun serta ramah terhadap semua orang. Keislamannya didapat di Kota Mekkah dan ia pun kembali menuju kampung halamannya guna menyebar luaskan ajaran Rasulullah.

Namun setelah Rasulullah hijrah ke Madinah, sahabatnya yang mulia itu pun mengikuti jejaknya dan terus berada di samping Rasulullah hingga ajal menjemputnya.

Ketika masa Kekhalifahan Utsman bin Affan atau tepatnya pada tahun 32 Hijriyah, Abu Dzar Al Ghifari pun wafat.

Begitu dekatnya Rasulullah dengan pribadi Abu Dzar membuat Rasulullah memberikan wasiat yang sangat berharga dan bisa kita terapkan juga dalam kehidupan sehari-hari. Wasiat Rasulullah yang indah itu pun tercantum dengan indah dalam kitab Bughyatul Bahist ‘an Zawaid Musnad Harist yang ditulis oleh Ibnu Abi Umamah.

Berikut adalah 7 wasiat Rasulullah terhadap Abu Dzar Al Ghifari khususnya dan kepada kita semua umumnya.

“Karibku (Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam) mewasiatkan tujuh hal kepadaku, agar aku senantiasa melihat orang yang di bawahku dan jangan sekali-kali melihat orang yang di atas; kedua, mencintai orang miskin dan mendekati mereka; ketiga, selalu berkata benar, meskipun pahit; keempat, tidak meminta-minta kepada siapapun; kelima, menjalin silaturahim sekalipun mereka berpaling; keenam, tidak takut dicaci ketika berdakwah di jalan Allah; ketujuh, memperbanyak membaca Laa Haula Wa Laa Quwwata Illa Billah.”

Baca Juga:


Semoga kita bisa melaksanakannya pula karena sesungguhnya wasiat Rasulullah tersebut menjadi penyelamat kita di dunia dan di akhirat. Wallahu A’lam




loading...

close ini