Ini Rute Bus Shalawat, Masair dan Antarkota Selama Musim Haji 2016, Jamaah Haji Harus Catat!




Selama berada di tanah suci, Transportasi jamaah haji Indonesia tahun 2016 ini akan dilayani oleh angkutan bus. yaitu Bus Shalawat, Masair dan Antarkota. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh jamaah haji terkait rute dan jenis bus.

Peta Wilayah Bus Shalawat 2016


Sri Ilham Lubis selaku Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama mengatakan, layanan transportasi selama di Arab Saudi ada tiga jenis, yakni transportasi shalawat, transportasi masair  dan transportasi antarkota. Ketiga bus itu diatur oleh muassasah naqobah, organisasi angkutan darat Arab Saudi yang berkoordinasi dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dari Indonesia.

Transportasi dan Rute Bus Shalawat

Bus Shalawat merupakan angkutan yang melayani jamaah haji selama berada di Makkah. Bus ini beroperasi selama 24 jam khusus untuk melayani jamaah yang ingin beribadah atau shalat lima waktu di Masjidil Haram. Para pengguna bus biasanya jamaah yang tinggal di pondokan yang letaknya lebih dari 2 kilometer dari Masjidil Haram.

Dua perusahaan bus yang dikontrak Indonesia untuk bus shalawat adalah Rawahil dan Saptco. Ada 314 armada bus untuk melayani sekitar 141.620 jamaah di Makkah.

"Nanti jamaah haji akan diberi kartu untuk naik bus shalawat tersebut gratis. Tak perlu berdesak-desakan karena bus akan selalu berputar selama 24 jam," terang Sri di acara pembekalan Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur.

Area yang akan dilewati bus shalawat terdiri dari enam wilayah dengan jumlah rute sebanyak 10 rute, 39 halte, 1 terminal transit dan tiga terminal akhir dengan rincian gambar sebagai berikut:

Peta Wilayah Bus Shalawat 2016
Peta Wilayah Bus Shalawat 2016


Bus-bus tersebut nantinya bakal dibedakan menggunakan sejumlah warna. Bagi Anda yang nanti akan menggunakannya, bisa melihat jurusan dan warna kode bus di gambar berikut:

Bus Shalawat 2016


Masa tugas bus shalawat berlangsung selama masa kedatangan jamaah haji di Makkah, yaitu pada 18 Agustus sampai dengan 06 September 2016, lalu di masa Armina tidak beroperasi karena akan digantikan dengan Bus Masair, dan bus shalawat kembali beroperasi saat masa kepulangan yakni 15 September sampai dengan 5 Oktober 2016.

Transportasi dan Rute Bus Antarkota

Bus ini melayani antarkota untuk jamaah haji meliputi layanan non upgrade dari bandara Madinah-pemondokan Madinah, lalu sebaliknya. Bus ini belum diupgrade dan menjadi tanggung jawab Arab Saudi lewat Naqabah Amma Lissayyarat.

Bus antarkota yang diupgrade dilaksanakan oleh misi haji dengan rute meliputi: Madinah - Makkah, Jeddah - Makkah, Makkah - Jeddah, dan Makkah - Madinah.

Rute Bus Shalawat, Masair dan Antarkota


Khusus untuk bus haji antarkota, ada ketentuan yakni harus minimal produksi tahun 2009, berkapasitas minimal 45 orang, ada AC, tombol dan pintu darurat, bagasi bawah, toilet sampai sound system serta air untuk berwudlu.

"Bus ini sudah kita upgrade dari sebelumnya dengan harapan jamaah semakin nyaman," kata Sri.

Transportasi dan Rute Bus Masair

Bus ini sepenuhnya menjadi layanan pemerintah Arab Saudi melalui Naqabah. Beroperasi di masa Armina (Arafah - Muzdalifah - Mina), bus ini akan melayani rute: Makkah - Arafah, Arafah Muzdalifah, Muzdalifah - Mina, Mina - Makkah. Ini penampakan bus Masair:

Ini Rute Bus Shalawat, Masair dan Antarkota Selama Musim Haji 2016, Jamaah Haji Harus Catat!


Jika ada jamaah haji yang nanti kecewa dengan pelayanan bus atau ingin menanyakan layanan bus selama di Arab Saudi bisa menghubungi layanan hotline di nomor berikut: 0508932700  atau 0536474591.