Hasil Sidang Isbat Lebaran 2016 Menetapkan Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada ...




Hasil Sidang Isbat Lebaran 2016 Menetapkan Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada ...

Hasil Sidang Isbat Lebaran 2016 Menetapkan Lebaran Idul Fitri Jatuh Pada ...

Kementerian Agama telah selesai menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1437 H dan memutuskan bahwa lebaran Idul Fitri jatuh pada hari Rabu, 06 Juli 2016.

“Kami bersepakat bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari lusa, Rabu 6 Juli 2016.” Ucapnya di Kantor Kemenag, Senin (04/07/2016).

Keputusan tersebut telah disepakati berdasarkan laporan dari 90 titik rukyat yang tersebar di seluruh Indonesia. Hanya daerah Aceh dan Sumatera Barat saja yang belum memberikan laporan dikarenakan termasuk daerah paling barat di Indonesia. Sementara laporan dari titik yang lain menyatakan bahwa hilal belum nampak.

“Jadi besok hari Selasa, kita masih berpuasa. 1 Syawal jatuh pada hari Rabu,” ucap Lukman mempertegas.

Sebelumnya acara diawali dengan pemaparan Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag berkaitan dengan posisi hilal secara astronomis di hari ke-29 Ramadhan 1437 H. Setelah shalat maghrib, acara berlanjut pada sesi sidang utama.

Hadir di sana para perwakilan Ormas Islam seperti Muhammadiyah dan PBNU. Selain itu sidang juga dihadiri oleh perwakilan berbagai Duta Besar Negara Islam seperti Palestina, Malaysia, Arab, Afganistan, Pakistan dan Al Jazair.

Penentuan 1 Syawal ini telah sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 mengenai Penetapan Awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah.

Sementara itu Pimpinan Muhammadiyah sebelumnya telah memutuskan bahwa 1 Syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu, 06 Juli 2016 berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal.

Dengan demikian hasil Sidang Isbat Lebaran 2016 ditetapkan jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016. Semoga kebersamaan seperti ini bisa terus terjalin sehingga tercipta kerukunan dalam merayakan hari besar agama Islam.

Baca Juga:






close ini