Di Tengah Musibah Dahsyat, 5 Masjid Ini Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur




Di Tengah Musibah Dahsyat, 5 Masjid Ini Tetap Berdiri Kokoh Meski Bangunan Sekitarnya Hancur Tak Bersisa. Semua kejadian yang ada di atas bumi atau bawah kolong langit ini tidak pernah luput dari kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala. Termasuk segala kejadian musibah atau bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, wedhus gembel, tsunami atau bencana lainnya.

Di Tengah Musibah Dahsyat, 5 Masjid Ini Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur


Di tengah musibah maha dahsyat itu, manusia dan mahluk hidup lainnya kerap jadi korban dan semua harta benda seperti rumah dan bangunan hancur berantakan tak bersisa. Namun di antara bangunan yang hancur rata dengan tanah, ternyata ada 5 masjid yang masih tetap bertahan kokoh berdiri seperti sebelumnya.

1. Masjid Golcuk di Turki

Di tahun 1999 bencana gempa bumi hebat yang terjadi di Turki mengakibatkan korban jiwa meninggal dunia mencapai lebih dari 45.000, dan 43.953 korban luka. Namun masjid Golcuk ini terbebas dari dampak kerusakan gempa dahsyat tersebut.

5 Masjid Ini Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur
Masjid Golcuk di Turki


Kaum muslimin percaya ini adalah sebuah pertolongan dari Allah karena terlihat jelas hanya masjid tersebut yang berdiri kokoh sementara bangunan di sekitarnya hancur berkemping tak bersisa sama sekali.

2. Masjid At Tauhid di Haiti

Gempa maha dahsyat yang menimpa Haiti tahun 2010 silam membuat nyawa220.000 manusia melayang, namun kaum msulimin di Haiti mengakui bahwa tidak satu pun masjid di sekitar lokasi gempa Haitu yang terkena dampak hebat musibah ini.

5 Masjid Ini Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur
Masjid At Tauhid di Haiti


Masjid-masjid yang berdiri dengan tegak walaupun bangunan sekitarnya ambruk akhirnya dijadikan posko perlindungan dan bantuan darurat gempa oleh warga sekitar. Salah satunya adalah masjid At Tauhid yang berada di Ibu Kota Port-au-Prince.

Yang menarik dari masjid At Tauhid ini adalah, bangunan istana kepresidenan dan gedung-gedung pemerintah yang berada di dekatnya hancur, Namun masjid tersebut tetap berdiri kokoh seakan-akan tidak pernah terjadi apa-apa.

3. Masjid Kobe di Jepang

Masjid ini menjadi saksi bisu dahsyatnya Perang Dunia Kedua. Masjid yang diresmikan tahun 1935 ini diklaim sebagai masjid pertama yang ada di Jepang. Invasi Jepang atas pelabuhan Pearl Harbour di Amerika Serikat telah membuat pemerintah AS memutuskan untuk menjatuhkan bom atom ke negara Jepang.

5 Masjid Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur
Masjid Kobe di Jepang


Dua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh Amerika Serikat. Ketika itu, kota Kobe juga menerima dampaknya. Boleh dibilang Kobe menjadi rata dengan tanah.

Namun ajaibnya, masjid Kobe ini tetap berdiri kokoh meski bangunan-bangunan di sekitarnya rata dengan tanah.

Di tahun 1995, Lagi-lagi kekokohan masjid Kobe diuji dengan gempa dahsyat. Akibat gempa bumi ini diperkirakan 140 ribu jiwa meninggal dunia. Namun lagi-lagi masjid Kobe tetap kokoh berdiri.

4. Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh

Gempa bumi dan gelombang tsunami yang menyapu bumi Aceh tahun 2004 silam merupakan salah satu bencana alam terdahsyat sepanjang abad ini. Tercatat lebih dari 200.000 manusia meninggal dunia dalam tragedi tersebut.

5 Masjid Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur
Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh


Bukan hanya korban jiwa, banyak juga bangunan fisik yang habis disapu gelombang Tsunami.

Namun bencana maha dahsyat tersebut tidak bisa meruntuhkan kokohnya Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Rumah ibadah yang terletak di kawasan Pantai Ulee Lheu, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh ini menjadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri tegak dalam peristiwa tersebut.

Masjid yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari bibir pantai ini menjadi saksi bisu tragedi Tsunami di Aceh.

5. Masjid Jami di Nepal

Masjid Jami yang terletak di Bag Bazaar, Ibu Kota Kathmandu, Nepal menjadi saksi bisu ketika terjadi gempa 7,8 skala richter. Masjid tersebut hingga saat ini masih berdiri tegak. Tak ada dinding terkelupas ataupun tembok yang retak.

5 Masjid Berdiri Kokoh Meski Bangunan Di Sekitarnya Hancur
Masjid Jami di Nepal


"Kami bersyukur, ini semua karena kekuasaan Allah," kata anggota takmir Masjid Jami Nepal, Muhammad Rizwan.

Subhanallah, Allahu Akbar, Inilah bukti nyata kekuasaan Allah subhanahu wa ta'ala yang jarang diperhatikan oleh orang-orang yang tak mau memikirkannya.





loading...

close ini