Beasiswa Bagi Hafidz Qur'an Ada di 9 Universitas Ini, Bahkan Fakultas Kedokteran Gratis Sampai Lulus




Kabar gembira bagi kamu yang hafidz Qur'an, Karena sekarang ini banyak universitas ternama membuka kuliah gratis dan masuk tanpa tes untuk penghafal Al Qur'an. Baik hafal sebagian maupun seluruhnya 30 juz.

Beasiswa Bagi Hafidz Qur'an Ada di 9 Universitas Ini, Bahkan Fakultas Kedokteran Gratis Sampai Lulus


Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa hafidz Qur'an? Nah disini saya akan memaparkan 9 universitas yang membuka program beasiswa bagi penghapal Qur'an ini. Silahkan disimak baik-baik ya.

1. Beasiswa Universitas Islam Indonesia (UII)

UII membuka Beasiswa bagi Hafidz Al-Quran 15 juz dan 30 juz. Penyaringan atau Seleksi Beasiswa Hafidz Al-Qur’an biasanya diselenggarakan pada awal Tahun Akademik (setelah mahasiswa baru memulai perkuliahan secara resmi di UII), dengan mengikuti jadwal akademik yang berlaku. Informasi beasiswa lebih lanjut silahkan kunjungi pmb.uii.ac.id

2. Beasiswa Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Bagi kamu yang berdomisili di area Jawa Tengah dan sekitarnya, silahkan melanjutkan studinya ke universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) Disana ada beasiswa bagi hafidz Qur'an yang mencapai 100 % gratis sampai lulus. Untuk informasi selengkapnya kunjungi unissula.ac.id

3. Beasiswa STEI SEBI

Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI SEBI) menyediakan program “Beasiswa Hafidz Quran Ahli Ekonomi Syariah”. Beasiswa ini merupakan kerjasama STEI SEBI dengan beberapa muhsinin. Beasiswa Hafidz Qur’an Ahli Ekonomi Syariah adalah beasiswa bagi generasi muda hafidz Al-Qur’an untuk dididik dan dibina menjadi hafidz/ah Qur’an yang mampu memahami dan mengaplikasikan ekonomi syariah. Informasi lebih lanjut silahkan lihat sebi.ac.id

4. Beasiswa UIN Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrabim Malang yang lebih dikenal dengan UIN Maliki atau UIN Malang membuka beasiswa kuliah bagi para hafidz Quran melalui jalur Mandiri Prestasi. Minimal hafalan Al Qur'an peserta yaitu 10 juz. Info lebih lanjut kunjungi pmb.uin-malang.ac.id

5. Beasiswa Unmer Malang (Universitas Merdeka)

Universitas Merdeka Malang mengundang para lulusan SMA dan sederajat yang telah hafal Al Qur’an untuk bergabung kuliah di berbagai program studi dengan bea siswa penuh. Untuk itu, proses seleksi akan dilaksanakan dengan bekerjasama dengan Pondok Pesantren Mahasiswa Al Hikmah. Bea siswa kuliah penuh ini diperoleh dari para donatur internal dosen dan karyawan Unmer Malang. Dengan demikian, pembiayaan kuliah mereka tidak akan membebani anggaran lembaga. Demikian disampaikan rektor Unmer Malang Prof. Dr. Anwar Sanusi, SE, M.Si.

Rektor berharap para penghafal Al Qur’an ini nantinya dapat memberi warna baru dalam kegiatan kemahasiswaan di lembaga dengan melaksanakan kegiatan hafalan Al Qur’an dalam keseharian kehidupan kampus kepada mahasiswa yang lain.

Untuk mendapatkan beasiswa di universitas Merdeka Malang silahkan lihat unmer.ac.id


6. Beasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya)

Dalam sambutannya di acara Rahasia Menghapal dari Hafidz Termuda di Dunia Sabtu 18 Juni 2016 lalu, rektor ITS menyatakan tentang hal ini.

“Siapa saja yang hapal Quran 30 juz, masuk ITS tanpa tes. Saya sendiri yang akan mengetesnya,” kata Rektor Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, Prof. Dr Ir. Joni Hermana MSc.

Selain masuk tanpa tes, para hafidz Quran juga akan dibebaskan dari biaya kuliah alias gratis. Langkah ini dilakukan semata-mata sebagai apresiasi dan dorongan kepada kaum muda agar berlomba-lomba menjadi penghapal Quran dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah hapal Quran, diharapkan langkah mereka tidak berhenti di situ saja. Setelah hapal, diharapkan ada upaya lanjutan bagaimana agar mereka paham akan isi Al Quran dengan baik dan benar.

Untuk mendapatkan beasiswa bagi hafidz Qur'an di ITS silahkan lihat its.ac.id atau langsung tanyakan di kantor administrasi ITS Surabaya.


7 & 8. IPB dan ITB

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan atau akrab dipanggil Kang Aher menyatakan akan memberikan beasiswa bagi yang hafal Al Qur'an 30 juz untuk masuk tanpa test dan beasiswa 4 tahun penuh di ITB dan IPB, plus beasiswa dari gubernur 10 juta. untuk keterangan selanjutnya bisa dilihat di ipb.ac.id dan itb.ac.id atau langsung tanyakan ke kantor administrasi kampus masing-masing.


9. Beasiswa Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan UNS Surakarta membuka penerimaan beasiswa melalui banyak jalur. Salah satunya adalah Beasiswa bagi Penghafal Al Qur’an, minimal 15 juz. yang dinyatakan dengan melampirkan 'sertifikat tahfidz' dari lembaga berkompeten yang memiliki kredibilitas tinggi (pada 2 tahun terakhir).

Rektor UNS Surakarta Ravik Karsidi mengatakan UNS memiliki jalur karpet merah bagi calon mahasiswa yang hafal Al Quran. Sejak 2012, sudah diterima 8 orang penghafal Al Quran yang berada di Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

"Salah satu syaratnya harus hafal minimal 20 juz Al Quran. Ini bentuk apresiasi kepada penghafal Al Quran," kata Rektor UNS.

***

Nah, ini kesempatan bagus bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMP atau SMA. Tapi ingat, kesempatan bagus ini hanya secuil dari nikmat yang Allah berikan di dunia. Nikmat hakiki yang jauh lebih besar telah disiapkan Allah di akhirat kelak bagi siapa saja yang menjaga hafalan Qurannya.

Satu lagi yang penting nih, jangan sampai keistimewaan yang diberikan oleh salah satu PTN favorit di Indonesia ini membuat kamu lupa diri. Terus luruskan niat bahwa ini semua semata-mata demi kamu lakukan demi meraih ridha Allah. Masuk PTN tanpa tes dan gratis hanya bonus kecil yang tidak akan mengotori niat kamu semula.

Semua berita di atas, tentu merupakan kabar gembira yang sangat luar biasa. Jaman saya SMA dulu, kemudahan semacam ini belum ada. Yuk terus berlomba dalam kebaikan, untuk mengukir prestasi di dunia demi prestasi tertinggi di akhirat kelak. Insya Allah.

Semoga semakin memacu anak-anak kita untuk menjadi generasi Rabbani, generasi yang mempelajari (dan menghafalkan) Quran lalu mengajarkannya pada yang lain. Sebagaimana sabda Rasulullah "Sebaik-baik dianatara kalian adalah orang yang belajar Al Qur'an kemudian mengajarkannya pada yang lain." (HR. Bukhori)





loading...