Ini Anak Sopir Yang Kini Jadi Walikota London Muslim Pertama




Ini Anak Sopir Yang Kini Jadi Walikota London Muslim Pertama │ Kegembiraan warga muslim yang ada di Inggris kini mulai terlihat jelas. Pasalnya ketika pemilihan Walikota Inggris dilakukan, Sadiq Khan berhasil memenangkan sekaligus menjadi Walikota muslim pertama di negara Ratu Elizabeth tersebut.

Dalam pemilihan yang diadakan pada hari Jum’at (6/5/2016), Sadiq Khan yang merupakan kandidat kubu Buruh mendulang suara yang lebih unggul dibandingkan rivalnya, Zac Goldsmith dari kubu Konservatif.

Ini Anak Sopir Yang Kini Jadi Walikota London Muslim Pertama

Perhitungan sementara dari total 80 persen suara yang masuk, Sadiq Khan memperoleh 44 persen suara dan berhasil menglahkan lawannya yang hanya mendapatkan suara 35 persen saja.

Meski belum ada keterangan secara resmi, namun melihat persentase tersebut bisa dipastikan bahwa Sadiq Khan akan menduduki jabatan sebagai Walikota London yang baru.

Ia pun begitu berterima kasih kepada semua warga London yang telah memilih Partai Buruh yang mengusungnya. Padahal Sadiq Khan hanyalah anak seorang sopir dan lawannya merupakan anak seorang miliarder.

Akan tetapi masyarakatlah yang memilih dan akhirnya Sadiq Khan memenangi pemilihan tersebut.

Dalam kampanyenya, Khan sudah berterus terang bahwa dirinya merupakan anak seorang sopir. Meski begitu, ia justru memiliki solusi bagaimana mengatasi permasalahan yang ada di kota London seperti dalam bidang perumahan dan transportasi.

Profil Sadiq Khan

Lahir pada bulan Oktober 1970, Sadiq Khan sebelumnya merupakan seorang anggota parlemen untuk daerah Tooting. Dalam memperoleh gelar sarjana hukum, ia sengaja memilih University of North London dan bekerja sebagai seorang pengacara khusus dalam bidang hak asasi manusia.

Sebagai warga keturunan Pakistan, ia begitu bangga bisa berkontribusi untuk negara Inggris. Beberapa diantaranya adalah dengan menjadi Menteri Negara Masyarakat dan Menteri Negara Transportasi di tahun 2008. Sementara di tahun 2010, ia bergabung dengan Bayangan Kabinet Ed MiliBand sebagai seorang Sekretaris Bayangan Negara Keadilan dan Shadow Lord Chancellor.

Kemudian pada tanggal 16 Januari 2013, Sadiq ditunjuk untuk menjadi Bayangan menteri London dan di tanggal 11 Mei 2015, ia mengundurkan dirinya dari kabinet. Setahap demi setahap, Sadiq Khan mulai menjadi nominasi calon Walikota Partai Buruh.

Sadiq Khan merupakan anak kelima dari delapan bersaudara. Ayahnya adalah seorang sopir bus dan ibunya merupakan seorang penjahit. Ia pun memiliki seorang istri dan dikaruniai dua orang anak perempuan.




loading...