Siapakah Sebenarnya Sosok Dr Zakir Naik?




KabarMakkah.Com – Jika Anda pernah melihat sosok Dr Zakir Naik, maka sebuah rasa kagum akan muncul dalam diri. Betapa tidak, ulama yang berasal dari India ini merupakan seorang penulis dan juga da’i yang ahli dalam perbandingan agama.

Dengan nama lengkap Zakir Abdul Karim, ia lahir di Mumbai pada tanggal 18 Oktober 1965. Profesinya ternyata adalah seorang dokter medis dengan gelar Bachelor of Medicine and Surgery dari Maharashtra. Akan tetapi setelah mengenal dunia dakwah, kini ia fokus dalam bidang dakwah dan perbandingan agama.
Dr Zakir Naik
Dr Zakir Naik
Selain memiliki kesibukan sebagai da’i, Dr Zakir juga merupakan pendiri sekaligus presiden dari Islamic Research Foundation (IRF) yang memiliki dasar sebagai organisasi nirlaba. Tak hanya itu, organisasi tersebut juga selalu menyiarkan siaran TV gratis yang diberi nama Peace TV di daerah India.

Hampir setiap kali kita melihat Dr Zakir tampil, tak kurang dari ribuan jamaah yang hadir memadati ruang yang ada. Ternyata bukan hanya kaum muslimin saja yang menghadiri acara tersebut, melainkan umat Kristen, Hindu, Budha dan Atheis sekalipun hadir guna mengetahui dakwah Dr Zakir sekaligus menyampaikan pertanyaan yang mungkin bisa dijawabnya.

Pertanyaan yang muncul dari selain umat Islam tentu sedikitnya akan bersifat menentang ajaran Islam, namun ia selalu memuji pertanyaan tersebut terlebih dahulu dan kemudian menjawabnya dengan cara yang sistematik.

Untuk memberikan pemahaman dari pembahasannya, Dr Zakir Naik selalu memberikan pengandaian yang mudah dipahami oleh kaum selain Islam dimana mereka lebih mempercayai akal sehatnya ketimbang harus dijelaskan dengan dalil Al Quran dan Assunnah.

Kelebihan yang dimiliki oleh da’i yang selalu terlihat menggunakan pakaian jas komplit dengan peci putih ini adalah kemampuan hafalan Al Quran dan Shahih Bukhari Muslim-nya yang luar biasa. Selain itu, ia juga menguasai kitab Weda, Tripitaka dan kitab Hindu lainnya sehingga banyak umat Hindu yang tergerak hatinya untuk menjadi seorang Muallaf.

Kemampuan memahami kitab agama lain tak lepas dari keilmuannya dalam jurusan perbandingan agama sehingga Da’i yang satu ini tidak bisa dibodohi dengan dalil agama yang lain. Bahkan ia akan mengoreksi ketika seorang pastur salah dalam menyampaikan ayat yang terdapat dalam Bible atau Injil.

Kaum Syiah pun cukup resah dengan hadirnya Dr Zakir Naik karena saat tengah melakukan konferensi Damai di Mumbai, Dr Zakir meyebutkan “Radhiallahu Ta’ala anhu” kepada Yazid. Sudah diketahui bahwa sahabat Yazid sangat dibenci oleh kaum Syiah sehingga mereka pun menebar fitnah dengan menyebut Dr Zakir sebagai seorang Wahabi.

Apa yang dilakukan Dr Zakir selama ini tak lepas dari inspiratornya yaitu Ahmed Deedat yang sering beradu argumentasi dengan para tokoh agama yang lain. Beberapa kali Dr Zakir Naik sempat melayangkan surat untuk adu argumen dengan para tokoh gereja, namun tidak ada satu pun yang merespon dan berani menghadapinya.

Tak salah jika Dr Zakir mendapat julukan “Ahmed Deedat Plus” karena dikatakan lebih ditakuti oleh para tokoh agama lain dengan argumentasinya yang tak terpatahkan.

Untuk yang ingin melihat secara langsung bagaimana Dr Zakir Naik memberikan suatu bahasan materi, bisa melihatnya di YouTube yang diunggah oleh Peace TV dengan logat bahasa Inggris yang fasih. Beberapa diantaranya telah diterjemahkan sehingga memudahkan kita untuk mencerna materi yang tak hanya menginspirasi, namun juga menambah pengetahuan kita jika harus dalam kondisi yang sama.