Kedahsyatan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Bagi Diri Manusia




KabarMakkah.Com – Bagi seorang muslim, shalat merupakan tiang agama yang tidak boleh ditinggalkan. Secara bahasa, shalat juga memiliki makna doa dan memang shalat merupakan merupakan salah satu sarana untuk memanjatkan doa, disamping menjadi tanda bukti ketundukan seorang hamba kepada penciptanya.

Shalat juga menjadi kumpulan berbagai bacaan doa yang mengandung banyak kebaikan. Terlebih lagi ketika melakukan duduk diantara dua sujud.

Kedahsyatan Doa Duduk Diantara Dua Sujud Bagi Diri Manusia

Doa yang terdapat dalam duduk diantara dua sujud tersebut ternyata memiliki khasiat yang dahsyat jika kita mau merenungi dan meresapi isi yang terkandung di dalamnya. Asal tahu saja, kandungan yang ada dalam doa duduk diantara dua sujud sangat dibutuhkan oleh kita selaku manusia yang ingin kebaikan di dunia mapun di akhirat.

Bagi yang belum mengetahuinya, berikut adalah doa yang ada dalam duduk diantara dua sujud beserta kandungan isinya.

1. Robbighfirlii

Robbighfirlii memiliki arti “Ya Allah ampuni aku”. Dengan kalimat tersebut kita meminta agar Allah mengampuni diri kita dari segala dosa yang diperbuat. Karena sesungguhnya dosa akan menjadi penghalang rahmat Allah sekaligus menjadi penghalang besar terhadap jalan masuk menuju surga.

2. Warhamnii

Warhamnii memiliki arti “Sayangi aku”. Dengannya kita mengharapkan agar Allah selalu menyayangi diri kita meski masih belum sepenuhnya suci dari dosa.

3. Wajburnii

Kalimat yang selanjutnya adalah Wajburnii yang memiliki arti “Tutupilah aibku”. Karena sesungguhnya kita memiliki kekurangan yang tak ingin diketahui oleh orang lain. Dengan kalimat doa tersebut, kita berharap agar Allah menutupi kekurangan yang kita miliki.

4. Warfa’nii

Kalimat Warfa’nii memiliki arti “Angkatlah derajatku”. Dengan bantuan kalimat ini pula Allah akan segera meninggikan derajat kita. Bukan hanya untuk urusan dunia, namun juga untuk ditinggikan ketika kita bisa berada di sisiNya nanti.

5. Warzuqnii

Kalimat doa yang kelima adalah Warzuqnii yang berarti “Berilah aku rezeki”. Setiap manusia pasti menginginkan agar Allah menurunkan rezeki yang baik. Dengan kalimat doa ini, kita memohon agar Allah memberikan rezeki yang baik lagi berlimpah.

6. Wahdinii

Kalimat yang memiliki arti “Berilah aku petunjuk” tersebut menunjukkan betapa lemahnya kita dan berharap agar Allah memberikan petunjukNya karena tanpa petunjuk dariNya, hidup kita akan sesat.

7. Wa’afinii

Kalimat Wa’afinii berarti “Sehatkanlah aku”. Maksudnya adalah agar Allah memberikan kesehatan yang optimal kepada diri kita untuk nantinya dipakai beribadah. Terlebih lagi kesehatan merupakan nikmat yang terbesar selain nikmat iman.

8. Wa’fuannii

Memiliki pengertian “Maafkanlah aku”, kalimat ini menjadi penyempurna dari deretan doa yang dipanjatkan sebelumnya. Dengannya pula kita memohon agar catatan amalan yang jelek segera dihapus dan kekhilafan segera dimaafkan.

Sungguh jika kita telah meresapi segala isi dari doa duduk diantara dua sujud tersebut, dijamin shalat akan lebih tumaninah dan tidak tergesa-gesa karena di saat itu kita telah mulai menyadari sedang memohon dengan penuh kekhusyukan.

Wallahu A’lam






close ini