Inilah Hikmah Dibalik Larangan Terburu-Buru Saat Makan

Diposting pada

KabarMakkah.Com – Dalam sebuah hadist dari riwayat At Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda “Ketenangan berasal dari Allah sedangkan tergesa-gesa berasal dari setan”. Lewat hadist tersebut Allah dan RasulNya melarang untuk kita agar jangan tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu apalagi dalam hal ibadah serta menganjurkan agar setiap muslimin mampu berskiap tenang baik dalam berpikir maupun beramal.

Inilah Hikmah Dibalik Larangan Terburu-Buru Saat Makan

Salah satu perbuatan terburu-buru yang sering kita lihat adalah dalam hal makan. Padahal larangan terburu-buru ketika makan telah Rasulullah jelaskan. Tergesa-gesa memang merupakan sifat yang tidak disukai Allah.

Rasulullah SAW bersabda,

“Di dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai Allah yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa” (HR Bukhari).

Hadist tentang larangan tergesa-gesa ketika makan pun secara jelas tertulis dalam hadist Rasul “Jika seorang di antara kalian makan, maka jangan tergesa-gesa samapi dia menuntaskan makannya, meskipun iqamah sudah dikumandangkan” (HR Bukhari)

Ternyata larangan yang telah disampaikan oleh Rasulullah kepada umatnya bukanlah tanpa sebab. Kini para ahli telah melakukan riset dari hikmah dibalik larangan terburu-buru ketika makan dan berikut adalah rahasia yang disampaikan oleh para ahli tersebut.

Larangan untuk tergesa-gesa ketika makan berpengaruh besar pada masalah kesehatan. Seorang praktisi kesehatan, Yuga Pramita dalam bukunya “Diet Islami” menyatakan bahwa makan dengan cepat dapat memungkinkan seseorang mengalami refluks asam lambung serta berperan dalam resiko kegemukan.

Penelitiannya membuktikan bahwa orang yang dengan makan yang terlalu cepat akan beresiko memiliki badan yang lebih berat dua kali lipat dibandingkan orang pada umumnya.

Penelitian tersebut diperkuat dengan apa yang dilakukan oleh peneliti yang juga merupakan ilmuwan Jepang, DR. Ikeda Mikimoto pada 30 orang pria. Terdapat 14 orang yang mengalami obesitas di dalamnya. Ternyata orang yang memiliki masalah obesitas suka berperilaku memakan makanan yang lebih cepat dibandingkan mereka yang kurus.

Selain untuk menjaga obesitas, larangan tersebut juga akan berbuah pahala karena telah mengikuti sunnah Rasul. Mari kita niatkan mulai hari ini dan seterusnya untuk berperilaku sehat dan tidak tergesa-gesa, baik ketika makan ataupun di saat mengerjakan aktifitas lainnya, Karena banyak sekali manfaat dan hikmah yang akan diraih.

Loading...