Begini Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

Begini Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

author photo
Begini Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha


Bagi siapa saja yang niat melaksanakan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha dan melaksanakannya dengan penuh keikhlasan, Maka Allah SWT akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun setelahnya.

Puasa Arofah ini hukumnya Sunnah Muakkadah atau sangat dianjurkan sekali. mengingat dalil-dalil tentang keutamaan puasa Arafah yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalil yang tegas tentang keutamaan puasa arafah ini adalah hadits dari Abu Qatadah Al-Anshari Radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ditanya tentang puasa hari Arafah, beliau menjawab, “Puasa Arafah dihitung di sisi Allah sebagai menghapus (dosa) tahun sebelumnya dan tahun sesudahnya”. (HR. Muslim)

Lalu bagaimana Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha?

Perlu kita ketahui, letak niat sesungguhnya adalah dalam hati.

Namun bagi kaum muslimin yang bermadzhab syafi'i, madzhab yang paling banyak diikuti mayoritas umat islam di Indonesia menjelaskan bahwa mengucapkan niat adalah sebuah kesunnahan.

Oleh karena itu. disunnahkan untuk mengucapkan niat bagi siapa saja yang ingin berpuasa arafah. dan dibawah ini adalah niatnya:


NIAT PUASA ARAFAH:

نويت صوم عرفة سنة لله تعالى

Tulisan Latin: Nawaitu Shauma ‘Arafata Sunnatan Lillahi Ta’ala

Artinya:“Saya niat puasa Arafah , sunnah karena Allah ta’ala.”

Baca Juga: Ini Keutamaan Puasa Arafah

Selamat menjalankan puasa arafah sebelum hari raya idul adha 2020. Semoga puasa arafah kita berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun dan diterima Allah. Aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post