Perbandingan Lama Jam Puasa Di Berbagai Negara

Perbandingan Lama Jam Puasa Di Berbagai Negara

author photo
KabarMakkah.Com - Bulan Ramadhan adalah bulan suci menurut kepercayaan Islam, bulan ini menempati urutan kesembilan dalam kalender Hijriyah. Perlu diketahui bahwa Islam menggunakan kalender hijriyah yang perhitungannya menggunakan qamar atau bulan.

Awal bulan hijriyah dimulai dengan adanya penampakan bulan baru atau hilal, pertengahan bulan terlihat jika bulan dalam keadaan bulat penuh atau purnama. Biasanya, Kalender Hijriyah memiliki 11 hari lebih pendek dari kalender Masehi yang perhitungannya menggunakan peredaran matahari.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan
Perbedaan Lama Waktu Puasa


Ramadhan adalah “bulan penuh berkah” ditandai dengan doa, puasa, dan amal. Ramadhan berfokus pada pengorbanan jiwa dan pengabdian yang suci pada Allah dalam bentuk puasa. waktu untuk introspeksi dan reformasi spiritual bagi seluruh kaum muslim di seluruh dunia. Akan tetapi ada beberapa perbedaan di berbagai negara yang memiliki jam imsak (menahan diri waktu puasa) lebih lama daripada negara lainnya.

Waktu puasa bisa berbeda cukup signifikan. Tergantung di belahan dunia mana anda bertempat tinggal. Seperti contoh kaum muslimin yang tinggal di Islandia, disana siang hari akan berlangsung lbeih lama dibanding malamnya, yaitu 22 jam. walaupun begitu mereka akan tetap terus menjalankan ibadah puasa tanpa mengesampingkan tentang bagaimana caranya agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

Kendati demikian, Beberapa Ulama Islam telah menawarkan berbagai alternatif bagi kaum muslimin yang hidup di negara dengan waktu siang lebih lama, yaitu berpuasa dengan mengikuti jam lama puasa di Mekkah.

Surat Kabar The HuffPost telah menghitung perbandingan waktu lama puasa di berbagai negara untuk mengetahui berapa lama puasa berlangsung bagi umat Islam di seluruh dunia.

Jadwal Imsakiyah 2015
Perbandingan Waktu Lama Puasa


Terlihat di grafik lama jam puasa diatas, negara-negara di benua Eropa adalah negara dengan waktu berpuasa paling lama. Islandia adalah negara dengan jam puasa terlama, sekitar 22 jam sedangkan Chile sebagai negara dengan jam puasa terpendek, yaitu sekitar 9 jam.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017

Alhamdulillah, Negara Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar sedunia berada mendekati kutub selatan sehingga matahari tak akan menampakan dirinya dengan lama, hanya sekitar 13 jam.
Next article Next Post
Previous article Previous Post