Beginilah Macetnya Jalanan Aziziyyah Mekkah Saat Ini

Beginilah Macetnya Jalanan Aziziyyah Mekkah Saat Ini

Laporan Dari Mekkah. Wukuf jatuh pada 3 Oktober mendatang. Dua hari menjelang puncak haji, lalu lintas di kota Mekkah sudah sangat padat. terutama di kawasan Aziziyyah.

Sekitar pukul 22.00 Waktu Arab Saudi, terpantau empat jalur kendaraan baik menuju Masjidil Haram maupun sebaliknya sangat padat.


Kota Mekkah
Aziziyah Mekkah Macet Total


Tampak di foto adalah lalu lintas di jalan utama Aziziyyah Mekkah yang tak jauh dari lokasi lontar jumroh di Mina, Rabu (1/10/2014). Mobil-mobil saling mengklakson setiap ada yang berhenti, suasana sangat berisik. Sirine polisi tak henti-hentinya menyalak sembari diiringi teriakan "Haji, Haji ... Thoriq !!!". Polisi tak segan menilang pengemudi yang berhenti cukup lama.

Wajar saja kondisi Mekkah macet total, karena diprediksi 3 juta lebih jamaah haji akan memadati kota Mekkah pada musim haji tahun 2014 ini. Jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah karena haji tahun ini adalah Haji Akbar. baca: Pengertian Haji Akbar

Sejak Senin (29/9) lalu seluruh jalan akses menuju pusat perhajian juga sudah ditutup. Hanya kendaraan dengan stiker khusus yang biasa disebut dengan stiker tasrih haji yang diperkenankan masuk ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Demikian juga akses menuju Masjidil Haram sudah ditutup total. Termasuk angkutan bis shalawat yang mengantar jamaah haji pulang-pergi ke Masjidil Haram sudah distop menjelang puncak haji. Para jamaah haji harus berjalan kaki jika menuju Masjidil Haram. lihat juga Foto Masjidil Haram Terbaru

Lalu lintas di Kota Mekkah sema‎kin padat karena jamaah haji yang akan melakukan tarwiyah sudah bergerak ke Mina. Jamaah haji yang melakukan tarwiyah akan bermalam di Mina sebelum bergerak ke Arofah pada saat Wukuf 3 Oktober Jum'at nanti.

"Kondisi lalu lintas macet total karena bus tarwiyah sekarang mulai bergerak memasuki pemondokan untuk mengangkut jamaah," kata Lukmanul Hakim, salah satu petugas haji Indonesia. baca: Kelakuan Petugas Haji Indonesia

Sementara itu ‎di kanan kiri bahu jalan ratusan jamaah yang akan tarwiyah juga bulai berjalan. Jamaah haji dari berbagai negara sudah berbondong-bondong mengarah ke Mina. Situasi di Masjidil Haram sendiri sudah sangat padat saat ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post