Maktab Haji Di Aziziyah

Maktab Haji Di Aziziyah

Pemondokan atau maktab haji di daerah Aziziyah baik Janubiah maupun Syamaliah menjadi penginapan favorit mayoritas jamaah haji dari indonesia, Meskipun jarak yang harus ditempuh dari tempat ini sampai ke Masjidil Haram adalah 3-6 kilometer. Beberapa alasan muncul dari para jamaah haji dan pemerintah yang akan menempatkan pemondokan disini, karena kawasan Aziziah termasuk kawasan elit dan strategis.

Disebut dengan kawasan elit karena di tempat ini berdiri kampus ternama yang sangat megah, yaitu Ummul Qura University, disana juga terdapat villa dan pusat perbelanjaan atau mall mall besar yang memenuhi sepanjang jalan untuk bisa disinggahi oleh para jamaah. Namun, untuk menempati pemondokan di wilayah ini harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dan tidak sedikit calo yang menawarkan pemondokan dengan berbagai tarif atau biasa disebut calo maktab. Di wilayah aziziyyah juga terdapat seorang top konglomerat Mekkah bernama Syaikh Abdurrahman Faqih. Yang paling terkenal dari Syekh Faqih ini adalah kebiasaannya membagikan ribuan nasi kotak di depan rumahnya yang akan dibagikan kepada semua orang termasuk jamaah haji setiap hari selama musim haji dan setiap hari jum'at ketika di luar musim haji.

ummulqura university
Gerbang Universitas Umm Alqura

Untuk melakukan perjalanan ke Masjidil Haram dari aziziyyah, para jamaah disediakan shuttle bus gratis oleh kemenag indonesia, namun jika akan menggunakan kendaraan umum pun akan sangat mudah didapatkan. biasanya sekitar 2 - 5 Riyal.

Rasanya memang bukan sebuah rahasia jika Arab Saudi adalah daerah yang gersang dan panas. Namun di wilayah aziziyah, anggapan itu terpatahkan. dengan kondisi lingkungannya yang asri serta dipenuhi dengan tanaman dan pepohonan yang berjejer. Suasana pagi yang hening dan segar ditemani kicauan burung menjadi kebiasaan sehari-hari yang bisa didapatkan di daerah aziziyah, karena jauh dengan polusi dan kepenatan udara. Suasana segar seperti itu masih bisa dirasakan saat hari mulai sore menjelang malam.

Maktab di aziziyah sangat strategis karena daerah ini adalah yang paling dekat dengan mina dan arofah, jika anda mendapatkan maktab di aziziyah, anda bisa langsung pulang ke maktab setelah melempar jumroh aqobah dan bisa langsung beristirahat di maktab. jarak dari mina ke aziziyyah sekitar 1 - 3 km. bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Untuk mendapatkan oleh-oleh di daerah aziziyyah juga bukanlah hal yang sulit, pusat perbelanjaan yang berjejer bisa disinggahi satu persatu. Namun untuk mendapatkan barang dengan berbagai macam pilihan bisa mendatangi tempat yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari Aziziah dan bisa ditemui komplek pusat perbelanjaan seperti bin dawood, bawarits, aryam, qaarat dan family international mall.

Kondisi wilayah yang tenang dan pemondokan yang nyaman menjadi harapan dan keinginan para jamaah untuk menunjang ibadah lebih baik dan khusyu'.


Catatan: Jika ingin mengetahui nomor rumah dan nomer maktab jamaah haji seluruh indonesia serta berbagai gambar dan foto hotel maktab haji silahkan buka Maktab Haji Indonesia Di Makkah
Next article Next Post
Previous article Previous Post