Lafadz Takbiran Hari Raya Idul Fitri Latin Arab

Lafadz Takbiran Hari Raya Idul Fitri Latin Arab

author photo
Lafadz Takbiran Hari Raya Idul Fitri Latin Arab


Lafadz Takbiran Hari Raya Idul Fitri Latin Arab ini memang dianjurkan untuk dibaca pada saat malam takbiran hingga selesai shalat Idul Fitri.


Hukum membaca takbiran di malam hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha adalah sunnah atau dianjurkan. Sebagaimana diperintahkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dalam berbagai hadits berikut:

زينوا اعيادكم بالتكبير


Hiasilah hari raya kalian dengan memperbanyak membaca takbir

Anjuran memperbanyak takbir ini sepadan dengan pahala yang dijanjikan Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu alaihi wasallam:

اكثروا من التكبير ليلة العيدين فانهم يهدم الذنوب هدما

Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (fitri dan adha) karena hal dapat melebur dosa-dosa.

Ibnu Abi Syaibah juga meriwayatkan bahwa saat hari raya Idul Fitri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar rumah menuju lapangan (untuk melaksanakan shalat Id,-red) kemudian beliau bertakbir hingga tiba di lapangan. Beliau tetap bertakbir hingga shalat selesai. Setelah menyelesaikan shalat, beliau menghentikan takbir. (HR. Ibn Abi Syaibah dalam Al Mushannaf)

Selain dianjurkan oleh Syariat Islam, Lafadz Takbiran dibaca oleh Umat Islam juga karena mereka merasa bersyukur, Di saat hari raya Idul Fitri, mereka bersyukur karena telah meraih kemenangan atau berada pada puncak kebahagiaan setelah sekian lama berusaha menahan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat puasa Ramadhan.

Barangkali saja ada halangan yang membuat kita jadi malas membaca lafadz takbiran. Seperti karena kurang jelas bagaimana bunyi lafadz takbiran, ataupun tidak tahu bagaimana lafadz bacaan takbiran, dan mungkin banyak alasan lainnya.

Jika alasannya karena malas membaca atau karena kurang jelasnya bunyi lafadz takbiran, setelah mengetahui lafadz bacaan takbiran ini, dipastikan masalah Anda akan selesai saat ini juga.


Lafadz Takbiran Hari Raya Idul Fitri dan idul Adha Lengkap Latin Arab





Takbir 1


اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ اللهُ أكْبَرُ

 لا إِلهَ إِلاَّ اللهُ واللهُ أكْبَرُ
 اللهُ أكْبَرُ وَِللهِ الحَمْدُ



"Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar.... Laa illaa haillallah-huwaallaahu Akbar. Allaahu Akbar Walillaahil Hamd"


Artinya : "Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar, Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah. "


Takbir 2


اللهُ اكبَر كَبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا
وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا
.لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن
 وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن
 لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه
 لاالهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر
 اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْد





"Allaahu Akbar Kabiiro Walhamdulillaahi Katsiiro,
Wasubhaanallaahi Bukrataw wa Ashiillaa.
Laa ilaaha illallallahu walaa na’budu illaa iyyaahu mukhlishiina lahuddiin,
Walau karihal kaafiruun, walau karihal musyrikun, walau karihal munafiqun.
Laa ilaaha illallaahu wahdah, shodaqo wa’dah, wanashoro ‘abdah, wa a’azza jundahu wahazamal ahzaaba wahdah. Laa illaa haillallah-huwaallaahu Akbar. Allaahu Akbar Walillaahil Hamd"



Artinya:

"Allah maha besar dan juga sempurna kebesaran-Nya, Segala puji bagi-Nya dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan selain Allah dan tiada yang kami sembah selain kepada-Nya, Kami memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, musrik, dan munafiq membencinya. Tiada Tuhan selain Allah dengan ke-esaan-Nya. Dia Maha menepati janji. Dan menolong hamba-hamba-Nya, Memuliakan bala tentara-Nya dan menghancurkan musuh-musuh dengan ke Esaan-Nya. Tiada Tuhan selain Allah. Dan Allah Maha Besar. Allah Maha Besar dan Segala Puji hanya bagi Allah."


Demikian Lafadz Takbiran Hari Raya Idul Fitri Lengkap Latin Arab, kalau bisa dihafalkan ya. Karena dengan membaca sambil hafalan, kita bisa menjadi semangat untuk memahami makna di setiap lafadz takbiran.

Cara menghafal lafadz takbiran yang efektif adalah dengan membacanya secara berulang-ulang minimal tiga kali sehari. Jika diniati dan dilakukan secara kontinyu, insyaallah Anda akan cepat hafal lafadz takbiran. Semoga bermanfaat.

Next article Next Post
Previous article Previous Post