Cara Menyimpan Daging Kurban Di Kulkas Yang Benar Agar Tetap Fresh Hingga 1 Tahun

Cara Menyimpan Daging Kurban Di Kulkas Yang Benar Agar Tetap Fresh Hingga 1 Tahun

author photo
Cara Menyimpan Daging Kurban Di Kulkas Yang Benar Agar Tetap Fresh Hingga 1 Tahun


Cara Menyimpan Daging Kurban Di Kulkas Yang Benar Agar Tetap Fresh - Usai Hari Raya Idul Adha atau Idul Kurban, hampir disetiap daerah melakukan pemotongan hewan baik sapi atau kambing, yang kemudian dibagikan kepada warga dilingkungan sekitar.

Pada hari tersebut, biasanya warga atau masyarakat sekitar banyak yang mendapatkan bagian daging kurban, baik dari tetangga yang berkurban, maupun yang dihimpun melalui masjid dan mushalla terdekat.

Demi menjaga kualitas dan kebersihan daging kurban, Direktur Halal Center Fakultas Peternakan UGM, dr Danar Dono, Ph.D memberikan sejumlah tips menyimpan hewan kurban yang benar, agar tetap fresh dan terjaga kualitasnya.

Berikut cara menyimpan daging kurban di kulkas:

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Yang benar, daging dicuci saat akan dimasak.

2. Jika dapat daging kurban banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yg benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau masak, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. InsyaAllah daging kurban dalam keadaan beku bisa awet hingga 1 tahun ke depan.

3. Sebelum disimpan di-freezer, simpan daging kurban (mampir dulu) di dalam kulkas yg sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging kurban yang masih beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku memakai air panas. Cara yang benar adalah dengan meletakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kurban kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

5. Tips tambahan Jangan memakai kresek warna hitam untuk membungkus daging kurban karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang.

Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih atau plastik bening.

Demikian Cara Menyimpan Daging Kurban Di Kulkas Yang Benar Agar Tetap Fresh, semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post