Ingat Ya Bunda, Untuk Anak Jangan Kasih Sembarangan Deh! Akibat Kelalaian Orang Tua, Gadis Kecil Ini Meninggal Setelah “Minum Obat Ini”

Diposting pada

Belakangan ini, terdengar sebuah kabar bahwa seorang gadis meninggal disebabkan salah minum obat. Gadis malang itu baru berusia 8 tahun dan terserang demam. Ibunya yang tak ingin izin bekerja pun mencari dua jenis obat flu dirumahnya.

Setelah minum obat, Anak itu tetap ke pergi ke sekolah, siapa yang sangka ia muntah-muntah disekolahnya. Dan pada akhirnya, penyakitnya makin parah dan nyawanya pun tidak terselamatkan. Sang ibu menangis dan bingung mengapa penyakit flu kecil saja dapat merenggut nyawa buah hatinya itu.

Ternyata sang ibu memberi anaknya antibiotik (roxithromycin) dan asmeton strong yang dikonsumsi bersamaan dan menyebabkan konsentrasi aminofilin pada tubuh meningkat dan pada akhirnya keracunan.

Efek sampingnya yang paling umum dari aminofilin adalah muntah-muntah dan lambung tidak nyaman, jika parah makan dapat susah bernapas dan jantung berhenti berdetak.

Selain dua jenis obat flu di atas tidak boleh dikonsumsi bersamaan, ada juga beberapa obat yang juga tidak dapat diminum secara bersamaan:

  • Obat dingin yang mengandung parasetamol, antipiretik atau obat penghilang rasa sakit
  • Obat-obatan yang berdiri dari bahan-bahan ini tidak dapat dikonsumsi bersamaan, karena dapat menyebabkan overdosis parasetamol, menyebabkan kerusakan hati, gagal hati dan bahkan kematian.
  • Obat flu dan sirup obat batuk
  • Obat dlu seperti panadol dan sebagainya mengandung acetaminophen, ramuan ini mengandung obat yang mengandung madu, seperti sirup obat batuk, cap ibu dan anak, dan lain-lainnya, jika dikonsumsi bersamaan maka akan mengurangi peran mengobati demam.
  • Vitamin C dan obat sulfonamida
  • Vitamin C mengandung zat asam, sedangkan obat sulfonamida dapat membeku dan berubah menjadi kristal jika bertemu dengan zat asam. Hal ini dapat menyebabkan batu ginjal.
  • Tablet ginkgo dan aspirin
  • Tablet ginkgo mengandung kandungan flavonoid yang tinggi, jika dikonsumsi bersamaan dengan aspirin, maka akan menyebabkan pendarahan. Apalagi jika pasien baru selesai operasi, risiko pendarahan akan lebih tinggi, jadi berhati-hatilah.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, Silahkan sebarluaskan informasi yang ada dalam situs ini dengan menyarankannya kepada orang di sekitar Anda untuk membacanya.

Loading...