Urutan Memotong Kuku Dan Cara Memotong Kuku Yang Benar Sesuai Sunnah, Ingin Sehat? Praktekkan!

Diposting pada

Urutan Memotong Kuku Dan Cara Memotong Kuku Yang Benar Sesuai Sunnah ini sudah semestinya diperhatikan setiap umat Islam, Sebagaimana kita ketahui bahwa penelitian-penelitian kedokteran modern mengungkapkan kepada kita bahwa kuku yang panjang berpotensi besar mengundang penyakit, karena jutaan kuman akan bersarang di bagian dalam kuku.

Urutan Memotong Kuku Dan Cara Memotong Kuku Yang Benar Sesuai Sunnah, Ingin Sehat? Praktekkan!

Penemuan ini menjelaskan kepada manusia sebagian hikmah di balik hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yaitu hadits tentang sunnah-sunnah fithrah yang diwasiatkan oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam kepada manusia. Hadits ini adalah pondasi kebersihan individu.

Hari yang baik buat potong kuku itu hari Senin, Kamis, dan Jum’at. Kenapa? Karena yang sering digunakan untuk ibadah sunnah adalah hari-hari itu.

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Sayyidah Aisyah radhiallahu’anha, Bahwasanya ia berkata,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِي تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِي شَأْنِهِ كُلِّهِ

“Biasanya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam menyenangi kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam seluruh urusannya.”

Al Imam An-Nawawi rahimahullah dalam ‘Al-Majmu’ Syarh Muhaddzab (1/339) mengomentari,

“Memotong kuku termasuk sesuatu yang disepakati merupakan sunnah. Baik lelaki maupun perempuan. Dua tangan dan dua kaki, dianjurkan memulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri. Kemudian kaki kanan dan kaki kiri.”

Beliau rahimahullah juga mengatakan dalam ‘Syarkh Shahih Muslim, (3/149):

“Dianjurkan memulai dari kedua tangan sebelum kedua kaki. Dimulai dengan jari telunjuk kanan, jari tengah, jari manis, kelingking dan ibu jari. Kemudian ke kiri dimulai dari kelingking, jari manis, sampai akhir. Kemudian ke kaki kanan, dimulai dari kelingking dan diakhiri dengan kelingking kiri.

Berikut Urutan Memotong Kuku Dan Cara Memotong Kuku Yang Benar Sesuai Sunnah:

Urutan Memotong Kuku Dan Cara Memotong Kuku Yang Benar Sesuai Sunnah, Ingin Sehat? Praktekkan!

1. Mulai dari Jari Telunjuk tangan kanan. 2. Jari Tengah tangan kanan 3. Jari Manis tangan kanan 4. Jari Kelingking tangan kanan (Tinggalkan ibu Jari tangan kanan) 5. Jari Kelingking tangan kiri 6. Jari Manis tangan kiri 7. Jari Tengah tangan kiri 8. Jari Telunjuk tangan kiri 9. Ibu Jari tangan kiri 10. Ibu Jari tangan kanan Kaki

Mulai dari kanan, lanjut sebelah kiri yaitu kelingking kiri. Mulai dari Kelingking Kanan dan bergerak ke jari-jari lain di sebelah kiri jari kelingking kanan . Menurut Imam Syafi’i Sunnah memotong kuku sebelum mengerjakan shalat Jum’at sepertimana disunatkan mandi, bersiwak, bercukur, berharuman, berpakaian bersih dan indah sebelum masuk masjid. Wallahu a’lam bisshawab. Semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiin

Loading...