Ternyata Buah Ini Amat Disukai Rasulullah. Simak Khasiatnya!

Diposting pada

Kebiasaan mengkonsumsi buah-buahan segar diakui amat menguntungkan untuk kesehatan tubuh kita. Kebiasaan ini pun dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam semasa hidupnya.

Selain kurma, ada buah yang sering dimakan oleh baginda Rasul. Buah tersebut memiliki kandungan air yang amat banyak, warnanya merah, ada pula yang berwarna kuning. Buah tersebut adalah semangka.

Ternyata Buah Ini Amat Disukai Rasulullah. Simak Khasiatnya!

Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Rasulullah sering makan semangka disertai ruthab (kurma basah),” (HR.at-Tirmidzi no.1843)

Di kalangan masyarakat Indonesia, semangka bukanlah buah langka. Buah ini sering ditemui di lapak-lapak pedagang buah. Bahkan, sebagian wilayah negeri Indonesia ini amat cocok untuk budidaya semangka.

Pada musim panas, buah semangka amatlah diminati karena kesegarannya mampu menghilangkan dahaga. Sedangkan bagi Rasulullah, manusia pilihan Allah ini memiliki alasan khusus dalam mengkonsumsi buah semangka.

“Kami memecah panasnya ini (kurma basah) dengan dinginnya ini (semangka),” (Sunan Abu Dawud)

Dalam riwayat tersebut dinyatakan bahwa Rasulullah makan semangka disertai kurma basah, sebab sifat dingin dari buah semangka dan sifat panas yang dimiliki kurma bisa menyeimbangkan metabolisme tubuh.

Ternyata Buah Ini Amat Disukai Rasulullah. Simak Khasiatnya!

Bila ditinjau dari segi medis, ada tujuh khasiat semangka yang perlu kita ketahui :

Pertama, sifat semangka yang dingin mampu melancarkan sistem pencernaan

Semangka yang mempunyai sifat dingin amat bagus dikonsumsi sebelum makan. Akan tetapi hendaknya kita tidak berlebihan memakannya, karena kandungan lycopen-nya bisa menyebabkan perut kembung, mual atau muntah.

Kedua, menjaga kesehatan ginjal

Kadar air tinggi dan sifat diuretik yang dimiliki semangka terbukti ampuh melancarkan urine. Lancarnya pengeluaran urine bermanfaat untuk membuang racun yang mengendap dalam organ ginjal. Dengan demikian, kesehatan ginjal lebih terjaga.

Ketiga, menurunkan tekanan darah

Semangka memiliki kandungan L-citrulline yang mampu membantu merilekskan pembuluh darah. Dengan demikian, tekanan darah bisa menurun.

Keempat, mencegah dehidrasi

Dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan yang masuk kedalam tubuh. Di samping minum air putih, kita dapat mencegah dehidrasi dengan makan buah semangka.

Kelima, menangkal kanker

Semangka mengandung Vitamin C dan lycopene yang dinyatakan ampuh untuk membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit kanker.

Keenam, menurunkan risiko penyakit stroke

Buah segar ini juga mengandung karetenoid dan kalium. Zat zat ini ampuh membantu mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri dan vena. Pengerasan tersebut akan meningkatkan risiko hipertensi dan stroke. Bila pengerasan ini dapat dicegah, risiko munculnya penyakit tersebut pun bisa menurun.

Ketujuh, melancarkan buang air besar

Kandungan air dan serat alami yang dimiliki semangka bermanfaat pula untuk melancarkan sistem pencernaan, sehingga masalah sembelit atau susah buang air besar bisa teratasi.

Inilah beberapa khasiat buah semangka yang perlu kita ketahui. Oleh karena itu, mari biasakan mengkonsumsi buah segar termasuk semangka agar kesehatan kita terjaga dengan baik.

Loading...