Subhanallah, Inilah 7 Peristiwa Penting Pada Tanggal 10 Muharram



Masa kebangkitan, keemasan, dan kehancuran suatu umat terjadi silih berganti, dari satu generasi ke generasi yang lain, dari suatu abad ke abad yang lainnya. Peristiwa-peristiwa itu terus bergulir dengan pasti, sesuai dengan sunnatullah.

Subhanallah, Inilah 7 Peristiwa Penting Pada Tanggal 10 Muharram


Semua peristiwa tersebut merupakan pelajaran yang amat berharga bagi kita dan generasi yang akan datang, untuk memilih mana yang baik dan harus diikuti serta mana yang buruk dan harus dihindari.

Tanggal 10 Muharram atau disebut juga hari Asyura merupakan hari bersejarah bagi umat Islam. Terdapat peristiwa penting terjadi di hari ini pada masa lampau seperti dinukil dari beberapa riwayat

1. Nabi Adam ‘Alaihissalam bertaubat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari dosa-dosanya dan tobat tersebut diterima oleh-Nya.

2. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh ‘Alaihissalam di bukit Zuhdi dengan selamat, setelah dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan.

3. Selamatnya Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam dari siksa Namrud, berupa api yang membakar.

4. Nabi Yusuf ‘Alaihissalam dibebaskan dari penjara Mesir karena terkena fitnah.

5. Nabi Yunus ‘Alaihissalam selamat, keluar dari perut ikan hiu.

6. Nabi Ayyub ‘alaihissalam disembuhkan Allah dari penyakitnya yang menjijikkan.

7. Nabi Musa ‘Alaihissalam dan umatnya kaum Bani Israil selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.


Baca Juga:




Dan tentunya masih banyak lagi peristiwa lain yang terjadi pada tanggal sepuluh Muharram, yang menunjukkan sebagai hari yang bersejarah dan penuh kenangan serta pelajaran yang berharga.


Loading...