Ngeri! 66 Anak Di Kota Ini Kejang-kejang Dan Jadi Zombie, Ternyata Mereka Dikasih Obat PCC Gratis

Ngeri! 66 Anak Di Kota Ini Kejang-kejang Dan Jadi Zombie, Ternyata Mereka Dikasih Obat PCC Gratis

author photo
Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan video penampakan anak-anak yang menjadi kejang-kejang bahkan ada yang berubah jadi zombie.

Video tersebut menjadi viral di sosial media. pengunggah rekaman video tersebut menggunakan akun Facebook bernama Andi Muslimin.

Terlihat dalam video tersebut, seorang anak layaknya orang yang hilang kontrol, seorang anak kejang-kejang dan bertingkah aneh seperti layaknya zombie.

Ngeri! 66 Anak Di Kota Ini Kejang-kejang Dan Jadi Zombie, Ternyata Mereka Dikasih Obat PCC Gratis
Salah satu korban Obat PCC


“Tadi malam tiba-tiba dibopong teman-temannya, kata mereka anak ini habis minum obat-obatan yang dicampur minuman energi. Saat saya bawa ke Polsek Mandonga kata intel juga ada 32 anak yang masuk rumah sakit dengan gejala sama, malah sudah ada yang meninggal” terang Andi.

Namun setelah ditelusuri pihak kepolisian dan BPOM, kelakuan mereka menjadi aneh karena telah mngkonsumsi Obat PCC.

Obat PCC yang belum diketahui darimana asalnya itu menyebabkan 66 anak menjadi korban di Kendari, Sulawesi Tenggara. Akibat efek penyalahgunaan obat ini, korban bisa mengalami gangguan kepribadian hingga disorientasi.

PCC merupakan obat keras yang tidak boleh dijual sembarangan atau harus seizin dokter. Namun obat ini dipasarkan dengan harga murah kepada siswa di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Pada Rabu (13/9), seorang siswa SD dengan inisial R tewas akibat overdosis PCC, Somadril, dan Tramadol. Sehari kemudian, Riski (20) tewas tenggelam akibat berhalusinasi setelah mengonsumsi PCC. Dia lari ke laut kemudian tewas tenggelam.

Ayah Riski, Rauf menuturkan anaknya diketahui mengkonsumsi obat mumbul bersama adiknya, Reza. Beruntung, adiknya masih bisa diselamatkan dan dilarikan ke Rumah Sakit Jiwa Kendari.

"Anak saya meminum obat mumbul yang dicampur dengan pil PCC, awalnya melompat ke got depan rumah. Adiknya berhasil diselamatkan, namun kakaknya bernama Riski berlari ke arah laut dan menceburkan dirinya," terang Rauf.

Korban kakak-adik ini merasa kepanasan, efek dari obat yang dikonsumsinya. Sang kakak berlari ke arah laut dan menceburkan diri. Sayangnya, ia tenggelam dan ditemukan sudah tidak bernyawa.

Kepala BPOM Sulawesi Tenggara (Sultra) Adilah Pababbari menegaskan obat terlarang yang beredar selama beberapa hari terakhir dan cukup meresahkan masyarakat di Kota Kendari merupakan tablet PCC. Dijelaskan Adilah, tablet PCC memiliki kandungan parasetamol, kafein, dan carisoprodol. PCC merupakan obat ilegal yang tidak memiliki izin edar dan dijual perorangan tanpa adanya kemasan.

"Salah satu kandungan dari PCC sendiri yakni carisoprodol, yang tergolong dalam obat keras berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan No 6171/A/SK/73 tanggal 27 Juni 1973 tentang Tambahan Obat Keras Nomor Satu dan Nomor Dua," jelas Adilah di Kantor BPOM Sultra, Kendari, Kamis (14/9/2017).

Dari keterangan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, obat PCC dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

"Pasien yang dirawat berusia antara 15-22 tahun mengalami gangguan kepribadian dan gangguan disorientasi, sebagian datang dalam kondisi delirium setelah menggunakan obat berbentuk tablet berwarna putih bertulisan PCC dengan kandungan obat belum diketahui," ujar Menkes dalam siaran persnya, Kamis (14/9/2017).

Menkes berharap agar Badan Narkotika Nasional (BNN) segera mengidentifikasi kandungan obat tersebut. Ia juga berharap agar BNN menetapkan status zat yang terkandung dalam kelompok adiktif.

Ngeri! 66 Anak Di Kota Ini Kejang-kejang Dan Jadi Zombie, Ternyata Mereka Dikasih Obat PCC Gratis


Hingga berita ini diluncurkan, Kombes Martinus Sitompul mengungkapkan setidaknya ada 66 anak yang menjadi korban obat PCC ini.

"Data jumlah korban sekarang sudah 66 orang," ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul melalui pesan singkat, Jumat (15/9).

Menurut Martinus, beberapa korban sudah ada yang pulang ke rumah masing-masing. Baik yang kondisinya sudah membaik maupun karena alasan lainnya.

Saat ini, dia menerangkan, korban yang masih menjalani perawatan di sejumlah rumah akit berjumlah 15 orang. Sebanyak 12 di antaranya berada di rumah sakit jiwa Kendari, dua orang di rumah sakit Bhayangkari dan satu orang di rumah sakit Bahteramas.

"Tinggal 15 yang masih dirawat di rumah sakit. 12 orang di RS Jiiwa, 2 orang di RS Bhayangkara dan satu orang di RS Bahteramas," ungkap Martinus.

Sebanyak 66 korban tersebut masih berusia anak-anak sekolah dan mahasiswa. Bahkan satu korban yang tewas, diketahui masih duduk di bangkj kelas VI Sekolah Dasar (SD).

Kepolisian bersama Badan Narkotika Basional (BNN) dan BPOM terus menggali kandungan yang terdapat di dalam PCC.


Cerita Siswa SMA di Kendari Diberi Obat PCC Gratis

Satu persatu korban obat PCC di Kendari angkat bicara. Ada siswa SMA mengaku diberi obat PCC gratis untuk coba-coba. Tega betul pelakunya!

Di RSJ Kendari, seorang bidan yang enggan disebut namanya. anaknya yang masih kelas 1 SMU pun menjadi korban obat PCC.

A terpaksa harus izin selama beberapa hari karena kondisinya tidak memungkinkan untuk masuk sekolah. Kabar baiknya, meskipun sejak Selasa anaknya masuk ke rumah sakit, namun hari Kamis (14/9/2017) sudah bisa pulang ke rumah dan dilakukan rawat jalan.

"Beberapa bulan yang lalu ada teman saya yang kasih obat, dua butir dan gratis. Tapi setelah itu saya beli obatnya dengan harga Rp. 25.000 satu paket," terangnya, saat berbincang di teras UGD RSJ.



Sang ibu sendiri menuturkan anaknya selama ini tidak memiliki perilaku aneh, dalam pergaulan juga biasa saja seperti anak remaja umumnya. Dia heran ketika anaknya pada Selasa kemarin tiba-tiba badannya panas dan berhalusinasi.

"Awalnya saya bawa ke Rumah Sakit Bahtera Mas, namun setelah pulang ke rumah saya lihat perilakunya masih aneh, seperti kurang sadar, sehingga saya berinisiatif untuk bawa ke RSJ," terangnya.

Pagi hari ia membawa anaknya ke RSJ dan siang harinya sudah diperbolehkan untuk pulang dan melakukan rawat jalan. Atas kejadian tersebut, sang ibu akan lebih berhati-hati lagi.

"Ke depannya pergaulan harus lebih diperhatikan, untuk keluar malam juga mungkin sudah akan dibatasi karena bahaya anak-anak sekarang jika tidak diawasi ketat," ujarnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post