Muharram Artinya Waktu Yang Diharamkan, Jika Tak Mau Celaka Jangan Lakukan Perbuatan Haram Ini

Muharram Artinya Waktu Yang Diharamkan, Jika Tak Mau Celaka Jangan Lakukan Perbuatan Haram Ini

author photo
Muharram Artinya Waktu Yang Diharamkan, Jika Tak Mau Celaka Jangan Lakukan Perbuatan Haram Ini


Sesuai dengan namanya, Muharram Artinya adalah Waktu Yang Diharamkan. Perbuatan apakah yang diharamkan itu? Sudahkah kamu mengetahuinya?

Sebelum kedatangan Islam, bulan Muharram bernama Shafar al Awwal, Namun setelah kedatangan Islam nama bulan ini pun diganti menjadi Muharram.

Nah, Al Muharram di dalam bahasa Arab artinya adalah waktu yang diharamkan.

Diharamkan untuk apa? Untuk mendzalimi diri-diri kita dan berbuat dosa. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

 إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ 

“Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS At-Taubah: 36)

“Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta Rajab Mudhar yang terletak antara Jumada dan Sya’ban. (Bukhari Muslim)

Di bulan Muharram, jauhilah perbuatan dzalim atau berbuat aniaya, baik kedzaliman pada diri sendiri maupun mendzalimi orang lain, karena melakukan kedzaliman termasuk dosa besar dan hukumnya haram menurut ajaran Islam.

Jika memiliki kebiasaan bermaksiat, sebisa mungkin hentikanlah kebiasaan tersebut di bulan Muharram ini, semoga bisa seterusnya.

Jika kamu sering menyakiti diri sendiri, entah dalam arti melukai diri sendiri dengan sesungguhnya atau membiarkan diri disakiti oleh orang lain, maka hentikanlah hal itu di bulan Muharram ini. Hijrah dan berubahlah agar kita tak lagi disakiti oleh pihak lain.

“Takutlah kalian akan kezaliman, karena sesungguhnya kezaliman itu merupakan kegelapan-kegelapan pada hari kiamat” [Hadits Riwayat Muslim dan lainnya. Shahih al-Jami no 102]

Kalau kamu justru melihat golongan orang-orang yang mengaku muslim namun menyakiti dirinya sendiri hingga berdarah-darah di bulan Muharram ini, maka ketahuilah bahwa mereka bukanlah bagian dari golongan pengikut Rasulullah shalallaahu 'alaihi wassalam. Naudzubillah min dzalik.

Baca Juga:



“Bukan termasuk golonganku orang yang menampar-nampar pipinya, merobek-robek baju dan berteriak-teriak seperti teriakan orang-orang di masa Jahiliyah." (HR Bukhari: 1294)

Demikian, semoga menjadi pengingat untuk kita semua dalam menghadapi bulan Muharram ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post