Hati-hati Jika Menemukan Uang atau Barang Berharga di Masjidil Haram, Ini Langkah Yang Harus Dilakukan

Hati-hati Jika Menemukan Uang atau Barang Berharga di Masjidil Haram, Ini Langkah Yang Harus Dilakukan

author photo
Selalu ada kejadian tak terduga yang mewarnai perjalanan para jamaah haji di tanah suci. Termasuk kehilangan uang atau barang berharga saat beribadah.

Hal ini bisa terjadi karena pada waktu yang sama, jutaan umat Islam berada di satu tempat, yakni Masjidil Haram Makkah, untuk melakukan berbagai rangkaian proses haji. Sehingga besar kemungkinan akan berdesak-desakan yang membuat benda yang menggantung pada tubuh, seperti tas berisi uang atau perhiasan yang terjatuh tanpa disadari.

Hati-hati Jika Menemukan Uang atau Barang Berharga di Masjidil Haram, Ini Langkah Yang Harus Dilakukan


Lalu bagaimana jika menemukan barang berharga milik orang lain yang hilang?

Sebagai umat manusia yang ingin mendapat ridho Allah Subhanahu wa Ta'ala dan melakukan banyak kebajikan selama di Tanah Suci, mungkin Anda ingin mengambilnya dan bermaksud memberikannya kepada petugas agar barang tersebut diamankan.

Namun Kepala Bidang Humas Kementerian Agama RI, Rosidin Karidi menjelaskan bagaimana bersikap saat menemukan uang atau barang berharga milik orang lain di Tanah Suci.

Terkait hal ini, Anda tidak boleh mengambilnya sembarangan.

“Alangkah baiknya jangan diambil sendiri. Laporkan kepada petugas dan tunjukkan kalau ada barang jatuh. Jangan diambil sendiri,” jelas Rosidin.

Rosidin menambahkan, melapor ke petugas akan lebih baik daripada mengambilnya sendiri. Meski Anda bermaksud baik dengan niat memberikannya kepada petugas. Sebab masing-masing negara memiliki aturan atau norma yang berbeda untuk satu hal yang sama.

“Kita tidak tahu persis aturan atau undang-undang yang berlaku di sana. Berkomunikasi saja dengan petugas ketika menemukan barang hilang. Biar petugas yang mengambil dan mengurusnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, banyak petugas yang akan berkeliling di sekitar area Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Sehingga Anda dengan mudah menemukan mereka ketika membutuhkan bantuan. Terutama ketika Anda melihat uang atau barang yang terjatuh di lantai.

“Kalau berdua, yang satu bisa menunggui dan satunya melapor. Biasanya petugas wara-wiri, sehingga mudah dilihat. Petugas yang ada di Nabawi maupun Masjidil Haram ada banyak,” jelas Rosidin.

Ada banyak jenis petugas yang bisa dihubungi jika Anda menemukan barang yang hilang. Anda bisa memberi tahu petugas keamanan atau langsung menuju ke pos tempat kehilangan barang yang terletak di dekat maulid Nabi (tempat kelahiran Nabi) di Makkah.
Next article Next Post
Previous article Previous Post