Tak Mampu Kurban? Amalan Ini Bisa Jadi Penggantinya



Kurban merupakan salah satu ibadah dalam agama Islam yang hanya bisa dilakukan dalam waktu sekali dalam setahun.

Ibadah kurban ini memang ditujukan untuk orang yang mampu secara finansial karena dibutuhkan biaya yang tak sedikit untuk membeli hewan kurban, seperti sapi, unta, kambing maupun hewan kurban lainnya yang memenuhi ketentuan secara syariat.

Namun tahukah Anda, bahwasanya ada amalan yang pahalanya bagaikan orang berkurban.

Amalan apakah itu?

Dalam sebuat riwayat hadits shahih dibawah ini, Imam Bukhori dan Imam Muslim, Dijelaskan bahwa amalan seperti ini bisa jadi pengganti ibadah kurban bagi yang belum mampu melaksanakannya.

Tak Mampu Kurban? Amalan Ini Bisa Jadi Penggantinya


Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi besar lalu berangkat menuju masjid maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor unta. Barangsiapa yang datang pada kesempatan kedua maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor sapi. Barangsiapa yang datang pada kesempatan ketiga maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk. Barangsiapa yang datang pada kesempatan keempat maka dia seolah-olah berkurban dengan seekor ayam. Dan barangsiapa yang datang pada kesempatan kelima maka dia seolah-olah berkurban dengan telur. Dan apabila imam sudah berkhotbah, maka para malaikat hadir mendengarkan dzikir (khotbah)." (HR. Bukhari dan Muslim )

Berkurban memang tidak wajib, namun setiap orang yang beriman kepada Allah pasti ingin menunaikannya. Jika tahun ini tidak dapat berkurban, semoga di tahun yang akan datang kita bisa melakukannya. Paling tidak, kita selalu diberi kemudahan untuk mengamalkan amalan yang setara dengan berkurban.


loading...