Subhanallah! Tanpa Obat, Ini Anjuran Rasulullah Agar Cepat Sembuh



Saat memperoleh musibah berupa sakit, hal yang paling banyak dilakukan adalah berobat dengan cara pergi ke dokter. Hal ini tentu saja diperbolehkan karena merupakan ikhtiar agar segera sembuh.

Subhanallah! Tanpa Obat, Ini Anjuran Rasulullah Agar Cepat Sembuh


Namun, selain pergi ke dokter ada metode lain yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, yaitu dengan cara sederhana bahkan tanpa perlu minum obat. Jika sakit hanya di bagian tertentu, Rasulullah mengajarkan untuk membaca doa, sebagaimana disebut dalam hadits berikut:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A'uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru" (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)" (HR. Muslim)

Asbabul Wurud hadis ini dalam kitab Syarah Hisnul Muslim dijelaskan bahwa suatu ketika sahabat mulia Utsman bin Al Ash Radhiyallahu 'anhu mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya. Maka Rasulullah mengajarkan doa tersebut.

Cara yang diajarkan Rasulullah tersebut adalah:

1. Letakkan Tangan pada Tempat yang Sakit

Subhanallah! Tanpa Obat, Ini Anjuran Rasulullah Agar Cepat Sembuh

2. Baca Bismillah Tiga Kali

Subhanallah! Tanpa Obat, Ini Anjuran Rasulullah Agar Cepat Sembuh

3. Baca Doa Ini Tujuh Kali.

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan".

Demikian doa dan cara mengobati anggota tubuh yang sakit sesuai ajaran Rasulullah. Jika meyakini betul insyaallah, Allah memberi kesembuhan sebagaimana yang diberikan kepada Utsman bin AlAsh ra.Wallahu a’lam bisshawab.



loading...