Subhanallah, Inilah Si Kuning Yang Disukai Para Nabi

Diposting pada

Subhanallah, Inilah Si Kuning Yang Disukai Para Nabi – Meskipun Rasulullah bukanlah orang yang pemilih dalam makanan. namun Labu adalah makanan kesukaan beliau.

Anas bin Malik sahabat dekat Rasulullah mengatakan, pernah ada seorang penjahit yang mengundang Rasulullah untuk pesta dan makan hidangannya. “Aku pergi bersama dengan Rasulullah ke pesta itu. Dia menyajikan roti gandum, sup labu dan potongan daging. Aku melihat Rasulullah pergi setelah menghabiskan satu piring sup labu, jadi saya selalu menyukai labu sejak saat itu.”

Anas bin Malik juga mengatakan dalam hadist yang diriwayatkan Tirmidzi, Nabi sangat menyukai labu. Dia membawa makanan terbuat dari labu dan mengajak makan. “Aku mengambil labu di meletakkan di piringnya karena saya tahu dia menyukainya.”

Aisyah pun pernah diperintahkan oleh Rasulullah ketika memasak untuk menambahkan labu yang lebih banyak karena dapat memperkuat jantung. Rasulullah memang bukan yang pertama diantara nabi yang memakan labu dan menjelaskan manfaat kesehatannya.

Ketika Nabi Yunus AS keluar dari perut paus, saat membersihkan diri, dia menemukan labu dan memakannya untuk membantu memulihkan kondisi tubuhnya. Tak hanya buahnya, daun labu juga dapat dimanfaatkan untuk obat yang dapat menyembuhkan luka kulit.

Labu merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi untuk kesehatan. Labu juga memiliki kandungan rendah kalori serta diperkaya dengan kandungan Leutin, Xantin, dan karoten. Vitamin A, B kompleks dan Mineral pun terdapat dalam labu.

Vitamin A adalah anti-oksidan alami yang kuat dan diperlukan oleh tubuh untuk menjaga integritas kulit dan membran lendir. Ini juga merupakan vitamin penting untuk penglihatan visual yang baik. Vitamin B kompleks seperti Folat,Niacin,Vitamin B 6 ( pyridoxine), Thiamin, dan Asam Pantotenat. Selain itu mengandung Mineral seperti Tembaga, Kalsium, Kalium, dan Fosfor. Bukan hanya daging pada labu yang akan kaya kandungannya tapi biji labu pun mengandung nutrisi yang sangat baik yang mengandung serat dan asam lemak tak jenuh.

Bahkan ahli kesehatan pun menganjurkan untuk mengkonsumsi si Kuning ini pada penderita Diabetes dan untuk menurunkan berat badan.

Labu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yaitu :  
                                                                                                                                   

  • Sumber energi
  • Kandungan pada magnesiumnya juga dapat membuat rileks pada saraf
  • Membantu mengatasi radang otak
  • Membantu mengendalikan gula dalam darah
  • Membantu menyembuhkan demam dan masalah pencernaan
  • Mengobati mata bengkak dan encok
  • Pada bijinya juga mengandung zat besi untuk menjaga kesehatan anemia
  • Kulitnya berfungsi membunuh kuman penyakit infeksi jamur

Ternyata mengkonsumsi Si Kuning yang cantik ini tidak hanya menyehatkan lohh tapi juga mendapatkan pahala karena menurut Sunnah bahkan ada 3 jenis sayuran yang Rasulullah suka, salah satunya adalah sayuran labu. Benar tidak ya kalau labu adalah salah satu makanan favorite Rasulullah, yuk kita lihat dalam sebuah hadits,

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diundang oleh seorang prajurit untuk menghadiri jamuan makan. Kata Anas, “ aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut. Kepada Rasulullah, tuan rumah  menghidangkan roti dari gandum dan kuah berisi labu kuning dan dendeng. Aku melihat Rasulullah mencari labu di seputar mangkuk kuah itu.” (HR. Muslim)

Nabi Yunus saat di makan oleh ikan paus selama 3 hari 3 malam. Keberadaan buah labu dimuka bumi sangat erat kaitannya dengan sejarah nabi Yunus, sebagai firmanNya : “Kemudian kami lemparkan Yunus ke daerah yang tandus sedang dia dalam keadaan sakit dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu” (QS. ash-Shaffat 145-146)

Ikan Hiu itu telah melemparkan nabi Yunus kedaratan dalam keadaan ‘sakit’ beliau kemungkinan menelan cairan-cairan yang ada dalam perut ikan dalam beberapa lamanya, maka beliau sampai sakit pencernaannya. Maka Allah tumbuhkan sejenis pohon yang diberi nama ” labu “.

Dari pohon labu yang Allah tumbuhkan tersebut pastilah ada hubungannya dengan penyakit yang sedang diderita nabi Yunus. Sakit apakah nabi Yunus sehingga diabadikan ” sakitnya ” dalam Al Qur’anulkarim. Diperkirakan sakitnya nabi yunus adalah sakit yang berhubungan dengan perut dan levernya, sehingga perlu perawatan berhari-hari untuk penyembuhannya.

Dan Allah yang Maha Tahu telah menciptakan obat untuknya sejenis ” labu “. Maka berhari-hari nabi Yunus makan labu yang telah dimasak, labu itu ternyata merupakan salah satu buah yang kaya akan vit C dan betakaroten, akhirnya perutnya sembuh, sehingga nabi Yunus bisa berda’wah lagi kepada kaum yang telah menantinya.

Penulis : SAJAH WARDAH
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Loading...