Diperdalam dengan Bor, Sumur di Demak Ini Malah Keluarkan Gas yang Bisa Sulut Api

Diposting pada

Sudah lebih dari seminggu sumur di Desa Pamongan, Kecamatan Guntur, Demak mengeluarkan gas.

Hal itu dipaparkan Dwi Widodo, pemilik sumur, Senin (31/7/2017)

Diperdalam dengan Bor, Sumur di Demak Ini Malah Keluarkan Gas yang Bisa Sulut Api
Sudah lebih dari seminggu sumur di Desa Pamongan, Kecamatan Guntur, Demak mengeluarkan gas. Hal itu dipaparkan Dwi Widodo, pemilik sumur, Senin (31/7/2017).

Ia menjelaskan, gas pertama kali muncul dan bisa dibakar pada hari Minggu, 23 Juli lalu.

Kala itu ia ingin memperdalam sumur dengan bor. Namun, bukan air yang keluar dari pipa pengeboran, justru muncul gas yang bisa disulut api.

“Hari ini masih keluar, namun sudah tidak lewat pipa lagi, meluber ke air yang ada di sumur sehingga menimbulkan buih-buih,” jelas pria yang akrab disapa Dodo tersebut.

Sebelumnya, tim dari Balai Energi dan Sumber Daya Mineral telah mengecek kandungan gas tersebut. Dalam kunjungan itu mereka menilai gas berpotensi meledak namun justru tidak terdeteksi kandungan gas berapi.

“Hari ini sudah saya laporkan ke balai ESDM, namun belum ada jawaban, mereka juga belum meninjau lagi setelah kunjungan pertama kemarin,” tambah Dodo.

Terpisah Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkingan Hidup Kabupaten Demak, Arso Budiyanto menjelaskan kejadian sumur ber gas sudah pernah terjadi di Kecamatan Wonosalam.

“Kala itu gas yang terkandung merupakan gas metan yang dibiarkan selama seminggu sudah hilang dengan sendirinya,” pungkasnya.

Loading...