Bertahun-tahun Menabung di Pintu Rumah, Tukang Sayur Ini Bisa Berangkat Haji

Bertahun-tahun Menabung di Pintu Rumah, Tukang Sayur Ini Bisa Berangkat Haji

author photo
Berita Haji - Selalu berdoa dan semangat menabung, itulah yang dijadikan pegangan oleh Rudianto Wari Tondiran (38) Calon Jamaah Haji (CJH) Embarkasi Surabaya asal Malang untuk bisa berangkat haji.

Pria yang sehari-hari berjualan sayur ini menyisihkan pendapatannya mulai Rp 10 Ribu setiap hari, selama tiga tahun.

Bertahun-tahun Menabung di Pintu Rumah, Tukang Sayur Ini Bisa Berangkat Haji
Calon Jamaah Haji asal Malang Jawa Timur mengaku menjadikan pintu rumahnya sebagai celengan dan mengumpulkan uangnya ke dalam pintu. Pria bernama Rudianto Wari Tondiran ini akhirnya berangkat ke Tanah Suci, Rabu (9/8/2017).


Yang menarik, Rudianto tidak menitipkan uangnya ke Bank langsung, melainkan menggunakan badan pintu rumah sebagai tempat menabung, alias celengan.

"Awalnya, saya lubangi kecil triplek pintu rumah. Kalau memasukan uang selalu sembunyi-sembunyi dari istri dan anak saya," katanya sewaktu ditemui di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jatim pada Rabu (9/8/2017).

Usai memutuskan menabung untuk naik haji, Rudi-- sapaan akrab ayah dua anak ini-- mengaku sempat turun mental.

Bagaimana tidak, usaha awal jual keliling yang baru berjalan sepekan, hanya dapat untung Rp 20.000.

"Tapi saya tetap nabung. Sampai akhirnya teman saya memberikan ide agar keuntungan digunakan untuk menambah modal. Dan syukur allhamdullilah, sekarang untung sampai Rp 200 ribu," katanya.

Untung besar tak membuatnya lupa diri untuk selalu berhemat. Malahan, untung besar membuat nominal uang yang ditabung makin banyak, kadang sampai Rp 50 ribu per hari.

"Setelah tiga tahun saya buka papan pintu dan dapat Rp 15 juta. Terus saya buka tabungan haji dan alhamdulillah tahun ini sudah bisa berangkat," ucapnya.

"Sebelum membuka tabungan, anak istri ya gak tahu kalau saya nabung. Kalau tahu, nanti dibuka anak saya malah gak jadi naik haji," katanya polos.

Agar tak ketahuan anak dan istri, Rudi tak menabung uang recehan, namun hanya uang kertas.

Saat ini dia berangkat haji seorang diri tanpa sang istri, Sriyani (28).

Meski begitu, saat di Tanah Suci, Rudi akan mendoakan istri dan keuarga agar kelak bisa menunaikan rukun Islam ke lima tersebut.

"Istri belum bisa ikut naik haji. Semoga kelak bisa naik haji bersama-sama, Aamiin" ujar Rudi yang masuk kloter 40 ini.

Tak lulus Sekolah Dasar dan hanya sampai kelas tiga membuatnya sempat kebingungan mengurus paspor untuk naik haji.

"Beruntung, petugas menyarankan saya mencari surat tanda lahir. Akhirnya bisa dapat paspor juga," ujar ayah dua anak yang tinggal di Desa Bakalan Krajan, Kecamatan Sukun, Kota Malang ini.
Next article Next Post
Previous article Previous Post