Belum Mampu Ibadah Haji di Tanah Suci, Lakukan Amalan Ini Yuk, Pahalanya Sama!



Sebagai umat Islam yang taat, tentu ada keinginan untuk menyempurnakan rukun agama Islam yang kelima, Yakni melaksanakan ibadah haji di Baitullah.

Belum Mampu Ibadah Haji di Tanah Suci, Lakukan Amalan Ini Yuk, Pahalanya Sama!


Namun, untuk melaksanakan ibadah yang satu ini tidak mudah seperti ibadah lainya. Sebab, tempat menunaikannya hanya di tanah suci, Makkah. Umat Islam yang ada di berbagai penjuru dunia harus melakukan perjalanan ribuan mil agar bisa sampai ke rumah Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Masalah sulitnya naik haji bukan saja soal dana, tetapi menyangkut kesehatan dan kesiapan iman serta mental untuk melaksanakan berbagai ritual haji selama kurang-lebih satu bulan lamanya.

Bagi Anda yang belum mendapat kesempatan berhaji, ada beberapa amalan yang nilai dan pahalanya sama seperti berhaji. Maka inilah rangkuman Okezone yang diambil dari berbagai sumber tentang amalan ibadah yang pahalanya sama seperti berhaji.

Umrah saat bulan Ramadhan

Dikutip dari hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita,

“Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya –ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air untuk unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Jika Ramadan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari, no. 1782; Muslim, no. 1256)

Mendatangi masjis ilmu di masjid

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang berangkat ke masjid yang ia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir, 8: 94. Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 86 menyatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Shalat subuh berjamaah di masjid

Dari hadits dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang mengerjakan shalat subuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat Sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.” (HR. Thabrani)

Shalat lima waktu berjamaah di masjid

Dalam hadits lainnya, dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju shalat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji. Barangsiapa keluar untuk shalat Sunnah Dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumrah. Dan (melakukan) shalat setelah shalat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih).” (HR. Abu Daud, no. 558; Ahmad, 5: 268. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)


loading...