Soal Dana Haji, Jonru: Jokowi Ini Islam atau Bukan sih?



Perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengelolaan dana setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk membiayai proyek infrastruktur, mendapat tanggapan dari pegiat media sosial Jonru Ginting.

Soal Dana Haji, Jonru: Jokowi Ini Islam atau Bukan sih?


Mungkin karena kesal dengan wacana yang dianggap 'nyeleneh' tersebut, Jonru mempertanyakan agama Jokowi. Ia juga menyebut, orang yang menyalahgunakan dana haji akan terkena adzab.

"Jokowi katanya akan menggunakan dana haji untuk pembiayaan infrastruktur. Hm...Pakde ini Islam atau bukan sih? Kalau Islam, pasti paham bahwa menyalahgunakan biaya haji itu hukumnya haram," tulis Jonru di akun Facebooknya, Jumat (29/7/2017).

"Bahkan orang yang menyalahgunakan dana haji biasanya akan kena adzab, atau minimal mengalami kesulitan hidup. Kalau kagak percaya, ya silahkan dicoba aja," tambah Jonru.

Tak hanya itu, Jonru juga menduga rencana Jokowi menggunakan dana abadi umat untuk infrastruktur, karena akibat dari menumpuknya hutang negara sehingga membuat pemerintah menjadi panik.

"Mungkin karena bingung gimana cara bayar utang yang makin menggunung dan defisit anggaran yang makin gawat darurat, maka segala cara pun ditempuh," ujar pria yang selalu mengkritik dan mencibir pemerintahan Jokowi itu.

"Konyolnya, para pemuja ikan tongkol tetap beranggapan bahwa Indonesia baik-baik saja, bahkan semakin hebat. Iya, hebat defisitnya, hebat utangnya," tandasnya.

Sebelumnya, Jokowi menginginkan agar dana haji yang tersimpan bisa diinvestasikan untuk pembangunan infrastruktur.‎ Nantinya, lanjut Jokowi, keuntungan dari investasi tersebut bisa dipakai untuk melakukan subsidi ongkos dan biaya haji, sehingga lebih terjangkau oleh masyarakat.

Anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu memastikan, pihaknya siap menjalankan perintah dari Presiden. Kata dia‎, dana yang bisa diinvestasikan kurang lebih Rp 80 triliun, atau 80 persen dari total dana haji.



loading...