KEAJAIBAN DOA: Berdoalah di Tempat-Tempat Ini, Insya Allah Mustajab

Diposting pada

Berdoa bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Tak ada tempat tertentu yang di pilih untuk berdoa. Sebab di mana pun kita berdoa, Allah SWT pasti mendengar dan mengetahui.

Namun, ada beberapa tempat utama yang dianggap baik untuk berdoa dan cepat dikabulkan. Sebab Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam telah melakukannya.

KEAJAIBAN DOA: Berdoalah di Tempat-Tempat Ini, Insya Allah Mustajab

Merangkum dari buku berjudul, Doa Menembus Langit karya Hj. Fadillah Ulfa, Lc., M.A., berikut beberapa tempat yang mustajab untuk berdoa.

Berdasarkan hadits riwayat Sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud R.A, Nabi Shallallahu alaihi wasallam ketika beliau berdoa,

“Ya Allah berikanlah kesulitan atas orang-orang (kafir) Quraish.” Beliau mengucapkan doa sebanyak tiga kali. Allah mengabulkan permohonan beliau sehingga doa itu diucapkan kaum kafir Quraisy benar-benar mendapat kesulitan. (HR. Bukhari)

Abdullah Ibnu Mas’ud berkata, “Orang-orang (para sahabat) ketika itu pun berpandangan bahwa doa di bumi itu (Makkah) adalah mustajab.

Dalam Masjid

Dari kalangan ulama berpendapat bahwa masjid adalah salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa sebagaimana kalam Allah berikut ini,

“Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah untuk Allah. Maka janganlah kamu menyembah apa pun di dalamnya selain Allah.” (QS. Al Jinn : 18)

Tempat Suci Ibadah Haji

Berdasarkan pendapat para ulama yang dikuatkan oleh dalil Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam,

“Di antara ar-Rukn dan al-Bab disebut multazam, tidaklah seseorang berdoa di antara keduanya (Multazam), melainkan Allah memberikan apa yang dia minta.” (HR. Baihaqi)

Tempat-tempat tersebut ialah Padang Arafah, Mazdalifah, dan tempat melempar jumrah, tempat tawaf, dan khususnya Multazam.

Wallahu A’lam.

Loading...