Selalu Bermimpi Melihat Kota Makkah, Sephy Akhirnya Mendapat Hidayah

Selalu Bermimpi Melihat Kota Makkah, Sephy Akhirnya Mendapat Hidayah

author photo
Terlahir dalam keluarga dengan keyakinan yang sama, ternyata tidak menjadi sebuah jaminan bahwa kehidupan spiritual seseorang akan berjalan mulus dan tanpa hambatan berarti. Namun, tidak demikian yang dialami oleh Sephy Lavianto. Seorang professional Managing Partner The Serenity Project, sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis properti ini.

Berbagai benturan terkait dengan agama yang ia anut datang silih berganti.

"Meski berasal dari keluarga Katolik dan sejak lahir menjadi Katolik; dalam perjalanannya, saya mendapatkan banyak benturan dalam agama yang saya anut," ujar Sephy.

Selalu Bermimpi Melihat Kota Makkah, Sephy Akhirnya Mendapat Hidayah
Old makkah


Benturan tersebut berupa keganjilan-keganjilan yang ia rasakan pada ajaran-ajaran yang terdapat dalam Katolik. Salah satu contohnya adalah keharusan untuk menghormati pastor sedemikian rupa sehingga ia bisa dianggap sebagai perwakilan Tuhan. Selain itu, sikap lembaga gereja, kata dia, juga tidak ramah terhadap penganutnya sendiri.

Puncak benturan terhadap keyakinan lamanya ini semakin menjadi-jadi tatkala lelaki kelahiran Medan, 5 September 1976, ini mengalami kegagalan dalam membina rumah tangga.

"Kejadian yang paling menyentak batin saya adalah setelah saya menikah secara Katolik. Dalam perjalanannya, ternyata saya gagal dalam pernikahan itu," ungkap ayah seorang putra ini.

Keinginannya untuk mengakhiri biduk rumah tangganya ternyata ditentang keras oleh pihak gereja. Dalam ajaran Katolik, pemeluknya tidak diperbolehkan untuk bercerai.

Karena itu, ketika biduk rumah tangganya sudah tidak bisa dipertahankan lagi, dia pun memilih pengadilan negeri sebagai tempat untuk mengajukan perceraiannya. Dan, ketika perceraian telah diproses dan dirinya sudah mendapatkan surat cerai, lagi-lagi dirinya harus berhadapan dengan pihak gereja.

Pihak gereja tidak mengakui surat keputusan cerai yang telah dikeluarkan pihak pengadilan negeri tersebut.

"Menurut ajaran Katolik, ikatan pernikahan tidak bisa diceraikan oleh yang namanya manusia dengan sebab apa pun. Karena itu, seorang romo dan pastor sendiri tidak mengakui keputusan pengadilan tersebut," paparnya.

Konsekuensi yang radikal ini akhirnya membawa Sephy dalam sebuah kondisi kehidupan pernikahan yang tidak jelas. Secara hukum agama Katolik yang dianutnya, ia masih terikat dalam sebuah pernikahan. Sementara itu, berdasarkan aturan negara, ikatan pernikahannya sudah resmi berakhir.

Menghadapi kenyataan memilukan seperti ini, akhirnya ia memutuskan untuk mencari jalan keluar dengan menjajaki ke agama Kristen Protestan.

Namun, setali tiga uang, di agama ini, ia justru menemukan kenyataan yang sama seperti pada agama yang ia anut sebelumnya.

Keinginannya untuk memperoleh persetujuan cerai dari gereja Protestan, jika ia memutuskan memeluk agama tersebut, justru direspon negatif oleh pihak gereja.

Di satu sisi, pihak gereja Protestan menyetujui keinginannya untuk berpindah keyakinan dan mengakuinya sebagai umat Protestan. Tetapi, di sisi lain, pihak gereja Protestan tidak mengizinkan dirinya untuk bisa melakukan perkawinan lagi secara Protestan ataupun Katolik.

Dari situ, kemudian timbul frustasi yang mendalam dalam diri Sephy terhadap kedua agama tersebut.

"Waktu itu, Saya mencoba berfikir secara jernih, yang ada dalam pikiran saya cuma kedua agama ini kok aneh sekali. Mengapa orang yang lagi butuh pertolongan dan bimbingan justru ajaran agama yang dianutnya tidak memberikan solusi yang baik untuk penganutnya."

Keinginan untuk mendapatkan jawaban atas persoalan hidup yang dialaminya akhirnya membawa Sephy pada agama Islam. Kesemua itu, menurut Sephy, sebenarnya berawal dari mimpi-mimpi yang kerap datang dalam tidurnya di pertengahan November dan Desember 2007 silam.

Dalam mimpinya itu, Sephy sering diperlihatkan yang namanya kota suci bagi umat Islam, Makkah.

"Dalam mimpi itu, saya sering diajak orang ke Makkah dan orang itu bilang ini tempatmu," ungkapnya.

Seringnya mendapati mimpi aneh seperti itu membawanya kepada rasa ingin tahu terhadap agama Islam secara lebih mendalam.

Ia mengaku, selama memeluk Katolik, agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW sering kali diidentikkan dengan agama radikal, tidak toleran, militan, eksklusivisme dan sangat tidak permisif untuk segala sesuatu yang haram di dunia.

Kemudian, ia mencoba mencari tahu Islam melalui buku-buku mengenai perbandingan Islam dan Kristen.

Dari buku-buku yang dibacanya, Sephy justru menemukan gambaran mengenai agama Islam yang jauh berbeda dengan yang ia peroleh selama ini.

"Setelah saya baca dan pelajari, benar ternyata Islam, menurut saya pribadi, adalah agama yang menuntun seseorang untuk menjadi orang yang lebih baik tanpa ada kepura-puraan di dalamnya. Gambaran ini jauh berbeda dengan anggapan yang saya dapatkan sebelumnya," paparnya.

Setelah banyak membaca dan mempelajari lebih dalam, ia akhirnya menyimpulkan bahwa Islam adalah agama yang sangat baik dan Nabi Muhammad SAW adalah seorang teladan yang baik. Tidak seperti pada agama yang lain, ungkapnya, aturan dalam Islam benar-benar harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

"Berbeda dengan ajaran Katolik atau Protestan yang semuanya enak, nggak ada larangan sama sekali. Jika pun ada, larangan itu bisa dilanggar oleh pemeluknya karena perintahnya tidak jelas. Jadi, apa yang dilarang dalam Alkitab pun masih bisa dilakukan dalam kehidupan nyata," ungkap Sephy tentang agama lamanya itu.

Keinginannya untuk mendalami ajaran Islam terus dilakukan Sephy. Tidak hanya dari buku-buku bacaan, ia juga sering berdiskusi dengan teman-teman Muslimnya.

Selama berdiskusi yang memakan waktu sekitar tujuh bulan itu, Sephy akhirnya mantap memilih Islam sebagai jalan hidupnya. Ia mengucapkan dua kalimat syahadat di rumah saudaranya yang beragama Islam.

"Sejak awal, orang-orang di sekeliling saya tidak pernah memaksa saya untuk memeluk Islam. Justru mereka menyarankan saya untuk mencari tahu dulu dan belajar dulu tentang semua ajaran Islam."

Setelah menjadi seorang Muslim, Sephy berusaha mengamalkan ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ini dengan sebaik-baiknya.

Namun, tak lama menjadi Muslim, ujian mulai datang. Kedua orang tuanya geram dan marah besar ketika tahu anak semata wayangnya masuk Islam. Ia pun lantas dikucilkan oleh keluarganya.

Semua cobaan itu ia terima dengan pikiran positif. Ibunya dulu juga seorang Muslim. Namun, setelah menikah dengan bapaknya, ibunya akhirnya berpindah agama dan menjadi penganut Katolik.

Tidak hanya dikucilkan oleh keluarga, teman-teman pergaulan dulu juga menjauhi dirinya begitu mengetahui Sephy berpindah keyakinan. Lagi-lagi, ia melihat hal ini sebagai bentuk transformasi menuju jalan hidup yang lebih baik.

"Saya melihatnya, kita dulu kan sama-sama rusak. Kalau dia masih mau rusak, silakan. Tapi, saya ingin memperbaiki kerusakan itu. Artinya, saya sudah puas untuk segala macam dosa yang aneh-aneh dan cenderung ke hal yang berbau maksiat."

Puncak cobaan dirasakan Sephy ketika hidupnya menjadi susah secara ekonomi dan hubungan dengan orang-orang yang dahulu dekat dengannya mulai merenggang. Saat itu, menurut Sephy, ia seperti bernapas melalui sedotan. Namun, Allah tidak membebani hamba-Nya diluar kemampuan, semua cobaan tersebut bisa ia lalui.

"Sekarang, hidup saya sudah mulai tertata," ujar Sephy.

Selain kehidupannya mulai tertata dengan baik setelah memeluk Islam, Sephy bertekad menjadi seorang Muslim dengan kepribadian yang lebih baik. Orang mengenal sosok Sephy dahulu sebagai pribadi yang sombong, mudah marah, dan tidak ramah.

"Dan, itu terbukti pada saat saya diminta untuk menjadi panitia acara reuni SMA saya. Dari 80 orang yang kita undang, yang datang hanya 20 orang. Mungkin, karena mereka melihat panitianya saya," ungkapnya.

Untuk lebih matang dalam mempelajari agama Islam, Sephy memanggil guru mengaji ke rumah. Selain itu, ia berusaha untuk konsisten menjalankan semua ajaran dalam Islam, baik yang sifatnya wajib maupun sunah. Dengan menjalankan semua itu, ia merasakan ketenangan dalam menjalani hidup.

Meski dengan pemahaman yang masih dangkal, Sephy juga mulai mengenalkan agama barunya ini kepada buah hatinya, Ferreneza Amevie Lavianto, yang masih berusia tiga tahun. Hak asuh yang ia peroleh terhadap putra semata wayangnya ini memudahkan Sephy untuk memantau perkembangan dan pendidikan sang anak.

"Memang, dari awal, dia sudah dimandikan dan dibaptis secara Kristen. Tetapi, untuk saat ini, saya melihat ibu saya sendiri tidak pernah mengajak dia ke gereja. Begitu juga dengan mantan istri saya juga tidak pernah mengajari dia ke gereja."

Kendati demikian, ia tidak bisa terlalu banyak berharap jika kelak nanti sang anak akan mengikuti keyakinan yang dianutnya.

"Pada akhirnya, saya serahkan keputusan untuk memilih ke anak saya. Tapi, mungkin, sedari dini saya akan arahkan dia dengan pendidikan Islam. Semoga Allah memberikan hidayah kepada keluarga saya untuk senantiasa taat dalam menjalankan ajaran Islam," tutupnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post