‘Minal Aidin Wal Faizin’ Artinya Bukan Minta Maaf, Tapi Seperti Ini Arti Yang Sesungguhnya

Diposting pada

‘Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin’ Tentunya kata-kata tersebut sudah sangat familiar di telinga kita. Ucapan lebaran ini memang kerap didengar saat hari raya idul fitri tiba.

'Minal Aidin Wal Faizin' Artinya Bukan Minta Maaf, Tapi Seperti Ini Arti Yang Sesungguhnya

Dan yang mengucapkannya pun tidak hanya kaum muslim saja, bahkan kaum non muslim pun sangat fasih dalam melafadzkannya. Apa sih arti dan makna dari ‘Minal Aidin Wal Faizin’?  

Ternyata sebagian orang kurang tepat dalam menggunakan ungkapan tersebut, ato orang jawa biasa mengatakan “pendono”. Mereka beranggapan bahwa kata tersebut sebagai ucapan idul fitri dan merupakan kata permintaan maaf, sehingga ucapan minal aidin wal faizin artinya = mohon maaf lahir dan batin.

Sangat sering kita jumpai orang yang mengungkapkan tersebut guna meminta maaf, misal “mumpung masih lebaran, minal aidin wal faizin ya mbak,!”, atau “Apa kabar mas, minal aidin wal faizin ya!!”.  

Kata minal aidin wal faizin sebenarnya bukan budaya arab. Karena pada zaman Rasulullah, ketika masuk hari raya idul fitri yang diucapkan adalah “Taqabbalallahu minna waminkum, shiyamana wa shiyamakum” yang artinya semoga Allah menerima puasa kami dan kaliyan.

Karena orang arab ketika berpisah dengan ramadhan, mereka sangat susah dan khawatir jika puasa 1 bulan menjadi sia-sia.  Lalu apa sebenarnya artinya minal aidin wal faizin ?

Kata aidin berasal dari kata ‘id yang artinya kembali, sedangkan aidin adalah pelakunya ato orang-orang yang kembali.

Sedangkan faizin berasal dari kata fawz yang artinya kemenangan, faizin adalah orang yang menang. Ulama’ Indonesia selain menggunakan taqobalallahu mina waminkum siyamana wa siyamakum, ditambah lagi ja’alanallahu waiyaakum minal aidin wal faizin yang artinya semoga Allah menjadikan kita dan kalian semua termasuk orang-orang yang kembali (suci) dan bagian dari orang-orang yang menang karena telah melewati ramadhan yang penuh cobaan.

Jadi ucapan ‘Minal Aidin Wal Faizin‘ adalah bagian dari do’a, dengan menambahkan ja’alanallahu.   Maka dari itu, Kata-kata minal aidin wa faizin kurang tepat jika diungkapkan untuk meminta maaf, karena artinya bukan permintaan maaf.

Sebaiknya jika ingin meminta maaf cukup dengan mengucapkan “Mohon maaf lahir batin”, lebih afdol lagi jika diawali dengan do’a “Taqabbalallahu minna wa minkum siyamana wa siamakum, Wataqobbal ya karim, ja’alanallahu waiyyakum minal aidin wal faizin”, Baru kemudian mohon maaf lahir batin, komplit banget dah.

Loading...