Mengurus Visa Umroh Langsung Ke Kedubes Saudi, Bisakah?

Diposting pada

Antusias umat Islam di Indonesia untuk pergi ke Arab Saudi demi melaksanakan ibadah haji dan umroh memang sangat tinggi.

Sehingga tak jarang dari mereka yang ingin pergi umroh atau haji menanyakan berbagai macam pengurusan untuk mendapatkan visa tersebut, seperti pertanyaan ‘Apakah Mengurus Visa Umroh Bisa Langsung Ke Kedubes Saudi?’

Mengurus Visa Umroh Langsung Ke Kedubes Saudi, Bisakah?
Contoh Visa Umroh

“Setahu saya untuk mengurus visa umroh tak bisa dilakukan sendiri langsung ke Kedubes,” kata salah seorang warga Jakarta, Eka Fatmawati kepada Kabarmakkah, Jumat (2/6/2017).

Menurut penulis buku “Umroh Backpacker: A to Z Umroh Ala Backpackeran”, Elly Basrah Lubis, visa ke Arab Saudi tak bisa diurus sendiri langsung ke kedutaan seperti visa negara-negara lain. Ia mengatakan pengurusan visa ke Arab Saudi harus dibantu oleh travel agent.

“Prosedurnya untuk awam itu harus ada manifest dulu dari travel resmi yang menjadi provider visa. Meski sendiri, orang harus tetap gabung travel atau minimal minta pengajuan visa. Kita tak bisa mengajukan visa langsung ke kedutaan Saudi,” jelasnya.

Ia mengatakan provider visa tersebut nantinya akan membantu mengurus pengajuan visa umroh. Provider adalah agen travel yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi dan Kementerian Haji Saudi untuk bekerja sama dengan muassasah terkait masalah visa umroh dan haji.

“Setelah semua berkas lengkap baru manifestnya dikirim ke Saudi.” ujar Elly.

Loading...