Inilah 5 Tips Menjaga Kebugaran Saat Berpuasa

Diposting pada

Ramadhan akan segera berlalu dalam beberapa hari ke depan. Alangkah baiknya, kita melakukan introspeksi diri, sudahkah puasa kita maksimal?

Bila kita merasa berpuasa menjadikan tubuh kita lemas serta tak mampu beraktivitas banyak, mungkin ada yang belum tepat dengan pola konsumsi dan aktivitas kita selama berpuasa. Berikut ini lima tips untuk menjaga kebugaran selama berpuasa yang layak untuk kita praktikkan :

1. Ketika waktu sahur, sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, oatmeal, roti gandum, nasi merah, atau singkong. Karbohidrat kompleks ini mampu membuat rasa kenyang selama enam jam. Aneka buah yang kaya serat dan air putih juga membantu stamina saat puasa.

Sebaiknya kita menghindari makanan berminyak dan yang mengandung gula saat sahur. Makanan jenis ini akan membuat kita lebih cepat mengantuk di siang hari.

2. Saat mendapati udara yang semakin panas dan terik, sebaiknya kita memilih melakukan aktivitas di dalam ruangan.

3. Berbuka puasa dengan menyantap makanan secukupnya. Ketika berbuka, kita memang dianjurkan mengkonsumsi makanan manis dengan tujuan memulihkan kembali energi yang hilang. Namun konsumsi gula dengan jumlah yang berlebih tentu saja berbahaya bagi kesehatan.

4. Sebaiknya kita lakukan olahraga ringan menjelang berbuka puasa atau saat malam hari. Caranya dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit agar asam lemak terbakar sehingga tubuh lebih bugar.

5. Pola istirahat selama bulan Ramadan juga harus dijaga. Setiap hari, kita harus bangun dini hari untuk menyantap atau menyiapkan makan sahur. Oleh karena itu, begadang harus kita hindari bila tidak diperlukan. Tidur siang selama 15 menit di sela-sela waktu dhuhur juga bisa dilakukan untuk memulihkan energi.

Semoga lima tips di atas bermanfaat, karena harapan kita semua, puasa bukanlah penghalang dalam aktivitas kita sehari-hari.

Loading...