Dahsyatnya Berdoa Menjelang Buka Puasa



Sahabat kabarmakkah yang dirahmati Allah, kita mungkin sering kecolongan, waktu berbuka puasa malah kita gunakan untuk santai atau malah sibuk mempersiapkan hidangan takjil, dari mulai kolak sampai es buah. Padahal justru pada waktu menjelang berbuka puasa terdapat waktu mustajab untuk berdoa.

Dahsyatnya Berdoa Menjelang Buka Puasa


Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah)

Juga ada hadits,

“Rasulullah bersabda: Terdapat tiga kaum yang doanya tidak akan ditolak: imam yang adil, orang yang puasa sampai dia berbuka, dan orang yang teraniaya.” (Hadits Riwayat Abu Hurairah)

Saat-saat sebelum berbuka puasa sudah seharusnya kita jadikan momen untuk berdoa dan meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, bisa jadi untuk meminta ampunan dan meminta segala macam permintaan pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan segala doa hamba-Nya. Hanya orang sombonglah yang enggan meminta dan berdoa pada-Nya.

Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Nah, mulai saat ini mari kita merendahkan hati dan khusyu' berdoa di saat-saat mau berbuka puasa, jangan biarkan diri kita malah asyik bermain gadget, nonton televisi atau malah disibukkan dengan urusan hidangan takjil semata, yang membuat kita banyak kecolongan waktu terdahsyat untuk berdoa.

Wallahu A'lam.


loading...