Saat Melihat Hilal 1 Ramadhan Atau Mendengar Keputusan 1 Ramadhan, Bacalah Doa Ini

Diposting pada

Bulan Ramadhan sudah di ambang pintu. Bulan yang rindukan oleh kaum muslimin ini akan segera tiba. Keutamaan-keutamaan yang dijanjikan oleh Allah bagi orang meningkatkan amal shalih di bulan Ramadhan memang ampuh membuat kaum muslimin berbondong-bondong berbuat kebaikan serta menahan diri dari kemaksiatan. Sejak zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, umat Islam menyambut kedatangan bulan ini dengan suka cita. Rasulullah juga mengajarkan do’a dalam rangka menyambut bulan mulia ini.

Saat Melihat Hilal 1 Ramadhan Atau Mendengar Keputusan 1 Ramadhan, Bacalah Doa Ini
Saat Melihat Hilal 1 Ramadhan Atau Mendengar Keputusan 1 Ramadhan, Bacalah Doa Ini

Sesuai keterangan Imam an-Nawawi rahimahullah dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab, ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan, kaum muslimin disunnahkan untuk berdoa. Berikut ini penjelasan Imam an-Nawawi :

يستحب أن يدعو عند رؤية الهلال بما رواه طلحة بن عبيد الله رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان  إذا رأى الهلال قال اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة 
والإسلام ربي وربك الله 

“Disunnahkan berdoa ketika melihat hilal sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam saat melihat hilal beliau berkata, Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Hadis tersebut diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi. Di samping itu, banyak hadis lain yang isinya senada yakni menjelaskan do’a yang dicontohkan Nabi ketika masuk Ramadhan atau melihat hilal.

Dengan membaca do’a tersebut, harapannya umur kita dipanjang oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa sebulan penuh dalam keadaan hati yang tetap dalam keimanan serta memohon dikaruniai kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Jadi, jangan sampai lupa ya, sahabat muslim, saat melihat hilal (terutama bagi para petugas ru’yatul hilal), atau saat mendengar pengumuman bahwa Ramadhan telah tiba, kita berdoa sesuai tuntunan Nabi tersebut.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah 2017 Seluruh Indonesia

Semoga Ramadhan tahun ini mampu kita isi dengan amal shalih yang meningkat dari bulan-bulan sebelumnya, serta memiliki pengaruh untuk diri kita pada bulan-bulan setelah Ramadhan mendatang. Amin.

Loading...