Di Bulan Sya'ban, Perbanyaklah Mengkhatamkan Al-Qur'an Serta Menghadiri Majelis Khataman

Di Bulan Sya'ban, Perbanyaklah Mengkhatamkan Al-Qur'an Serta Menghadiri Majelis Khataman

author photo
Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang mulia. Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana al-Qur'an diturunkan untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Di Bulan Sya'ban, Perbanyaklah Mengkhatamkan Serta Menghadiri Majelis Khataman Al-Qur'an


Sebelum memasuki bulan ramadhan, Pastinya ada Bulan Sya'ban, Di bulan ini umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak Mengkhatamkan Serta Menghadiri Majelis Khataman Al-Qur'an.

Salamah bin Kahil berkata,

كَانَ يُقَالُ شَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ القُرَّاء

"Dahulu bulan Sya'ban disebut pula dengan bulan membaca Al Qur’an."

وَكَانَ عَمْرٌو بْنِ قَيْسٍ إِذَا دَخَلَ شَهْرُ شَعْبَانَ أَغْلَقَ حَانَوَتَهُ وَتَفْرُغُ لِقِرَاءَةِ القُرْآنِ

"Amr bin Qois ketika memasuki bulan Sya’ban, beliau menutup tokonya dan lebih menyibukkan diri dengan Al Qur’an."

Abu Bakr Al Balkhi berkata,

شَهْرُ رَجَبٍ شَهْرُ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ شَعْبَانَ شَهْرُ سَقْيِ الزَّرْعِ ، وَشَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرُ حِصَادِ الزَّرْعِ

"Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya’ban saatnya menyiram tanaman dan bulan Ramadhan saatnya menuai hasil." (Lihat Fatwa Al-Islam Sual wa Jawab no. 92748)
Secara umum, keutamaan membaca al-Qur'an telah banyak disebutkan dalam hadits Nabi. Begitu mulianya kitab ini sampai-sampai membaca satu huruf dalam al-Qur'an dihitung sepuluh kebaikan.

Dari Abdullah bin Mas’ud Radiyallahu’Anhu, Rasulullah bersabda: "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Dan kebaikan itu dilipat gandakan dengan sepuluh kalinya. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf" (HR. At-Tirmidzi)

Bahkan, orang yang masih terbata-bata dalam membaca al-Qur'an dijanjikan mendapatkan pahala dua kali lipat, karena ia tetap rajin membaca meski punya keterbatasan. Hal ini dijelaskan oleh Rasulullah dalam hadits berikut :

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anhu,  ia berkata  bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah. Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala." (HR. Bukhari Muslim)

Anjuran selanjutnya di bulan Sya'ban yang mulia ini adalah mengkhatamkan dari awal surat al-Fatihah sampai akhir surat An-Naas. Setelah itu, ia memulai dari awal lagi. Dikisahkan dalam sebuah hadits :

Setiap usai mengkhatamkan al-Qur'an hendaknya seseorang berdoa kepada Allah untuk kebaikannya serta kebaikan kaum muslimin, karena doa saat itu akan diamini oleh 4000 malaikat. Hal ini disampaikan oleh Imam An-Nawawi dalam Kitab At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur'an, redaksinya berikut :

Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy dengan isnadnya dari Humaid Al-A'raj, "Barang siapa membaca al-Qur'an, kemudian berdoa maka doanya diamini oleh 4000 Malaikat".

Baca Juga:




Subhanallah. Semoga di bulan ini kita mampu memperbanyak bacaan al-Qur'an kita dari awal sampai khatam, juga senang mengikuti majelis khataman al-Qur'an karena keutamaannya amat besar, apalagi di bulan Sya'ban dan bulan selanjutnya, Ramadhan.

Wallahu A'lam.




Next article Next Post
Previous article Previous Post