Video Kampanye Ahok Dianggap Fitnah Keji Oleh Aa Gym, Tagar #IklanAhokJahat Pun Jadi Trending Topik

Diposting pada

Video Kampanye Ahok dan Djarot Saiful Hidayat menuai bully dan reaksi negatif di kalangan netizen, Bahkan saat ini menjadi trending topik di Twitter. Video kampanye Ahok yang tersebar luas dengan tagar #IklanAhokJahat ini telah diunggah di media sosial sejak Jumat (8/4)

Video Kampanye Ahok Dianggap Fitnah Keji Oleh Aa Gym, Tagar #IklanAhokJahat Pun Jadi Trending Topik

Dalam narasinya, Video Kampanye Ahok ini mengajak untuk menghadirkan Pancasila dan Bhinekka Tunggal Ika di Jakarta. Video kampanye itu pun ditutup dengan jargon “19 April 2017 Pilih Keberagaman”. Namun, video ini malah menuai kontroversi lantaran gambar bergerak tersebut menampilkan sosok protes kelompok muslim dengan latar spanduk bertuliskan “Ganyang Cina”.

Video Kampanye ini dinilai sejumlah kalangan sebagai kontraproduktif atas isu keberagaman yang dinarasikan. Sebab, bagi mereka, umat muslim tidaklah memusuhi etnis Tionghoa tersebut.

Sejumlah tokoh pun berkomentar atas Video Kampanye Ahok tersebut. Salah satunya adalah protes yang dilayangkan oleh Kyai Haju Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal sebagai Aa Gym.

Ada juga yang mengaitkan Video Kampanye Ahok ini dilakukan sebagai langkah penyelamatan atas kiat turunnya elektabilitas Ahok-Djarot yang mulai tersalip oleh Anies Sandi.

Lainnya, menganggap Video Kampanye Ahok ini sangat provokatif.

Sebelumnya, tagar #KampanyeAhokJahat ini juga sempat menjadi trending topik pada Ahad (10/4). Namun, hari ini sepertinya kontroversi video kampanye Ahok ini semakin memanas.

Video Kampanye Ahok yang awalnya disebarkan akun @basuki_btp milik Ahok dengan hastag #BeragamItuBasukiDjarot itu akan dilaporkan Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

ACTA memperkarakan video #IklanAhokJahat karena diduga melakukan pelanggaran UU Pilkada, berupa iklan kampanye yang menyudutkan umat Islam oleh paslon nomor 2, Ahok-Djarot. ACTA sendiri memang kerap membuat laporan terkait pasangan Ahok Djarot ke berbagai instansi peradilan.

Hingga berita ini dibuat, tagar #IklanAhokjahat masih memuncaki daftar teratas trending topik Indonesia dengan jumlah cuitan lebih dari 10 ribu kali.

Loading...