Harvard Akui Al-Quran Sebagai Ekspresi Keadilan Terhebat Sepanjang Sejarah



Harvard Law School, yang merupakan Universitas Hukum tertua di Amerika, memasang kutipan dari salah satu ayat Al-Quran di pintu masuk perpustakaan fakultas. Ayat Al Quran itu dideskripsikan sebagai ekspresi keadilan terhebat sepanjang sejarah.

Harvard Akui Al-Quran Sebagai Ekspresi Keadilan Terhebat Sepanjang Sejarah


Ayat 135 dari Surat An-Nisa, dipasang pada dinding yang menghadap pintu masuk utama fakultas. Kutipan Al Quran itu didedikasikan untuk frase terbaik yang mengartikulasikan tentang keadilan.

“Fakultas Hukum Harvard menyebut ayat suci sebagai salah satu ekspresi terhebat tentang keadilan sepanjang sejarah,” tulis surat kabar Arab Saudi ‘Ajel’ seperti dikutip Emirates247.

Ayat Alquran itu diukir di tembok yang menghadap pintu masuk utama Fakultas Hukum Harvard. Seperti ditulis Ajel, Harvard mengabadikan ayat tersebut sebagai kata-kata terbaik tentang keadilan.

Didirikan pada tahun 1817, Harvard merupakan sekolah hukum tertua di Amerika Serikat dan merupakan pusat bagi perpustakaan akademis hukum terbesar di dunia. Presiden Amerika Serikat Barack Obama merupakan salah satu alumni sekolah tersebut.

Kampus Harvard Law School bukan hanya nyaman tapi juga membangun cara berpikir filosofis bagi para mahasiswa hukum. Di dinding kampus itu, di berbagai tempat, tertulis kutipan dari para filosof, misalnya Thomas Aquinas, Augustine of Hippo, Magna Carta, Sir William Blackstone, Marian Wright Edelman, dan lain-lain. Namun juga ada petikan ayat Alquran, Surat An Nisa 4:135.

O ye whi believe!

Stand out firmly for justice, as witnesses

To Allah, even as against

Yourselves, or your parents,

Or your kin, and whether

It be (against) rich or poor:

For Allah can best protect both.

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biar pun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau pun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya.  (Surat Annisa Ayat 135)

Menurut Harvard Information Center, kutipan tersebut menggambarkan universalitas konsep keadilan di seluruh dimensi waktu dan budaya.

Kampus di jalan Massachusetts Avenue itu ditumbuhi pohon-pohon yang tinggi. Halaman yang luas. Ruangan yang bersih dan rapi. Kantin yang dipenuhi sofa yang nyaman untuk belajar. Perpustakaan yang lengkap. Semua itu membangun kualitas akademik dan mental mahasiswa yang baik. Namun kutipan-kutipan pernyataan itu tetaplah yang paling menarik.

Beverly Garretts, dari Harvard Information Center, tak bisa menjelaskan tentang adanya kutipan Alquran tersebut. Dia hanya angkat bahu. Menurutnya, semua kutipan tersebut akan bermanfaat dan bisa menginspirasi mahasiswa dalam menghayati dasar-dasar hukum. Dengan demikian, mahasiswa tak hanya melulu berkutat pada aspek teknis hukum.




Loading...