Alhamdulillah, Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah



Di Makkah ternyata ada satu satu jenis kuliner yang menarik. Bukan kurma atau daging unta, melainkan ayam goreng Al Baik. Penasaran?

Layaknya sebuah restoran waralaba ayam ternama seperti KFC, Pizza Hut, Mc Donalds Dan lainnya, Restoran ayam goreng Al Baik di seluruh penjuru kota Makkah akan selalu ramai oleh pengunjung.

Alhamdulillah, Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah
Penampakan kuliner Al Baik


Tiap harinya, tak kurang ratusan orang menikmati sajian ayam goreng Al Baik ini. Tak jarang kita bisa melihat orang-orang rela mengantre sampai di luar pintu demi bisa menikmati sepotong-dua potong ayam Al Baik.

Meski sama-sama menyajikan ayam goreng dan kentang sebagai menu andalan, namun rasa Al Baik boleh diadu dengan waralaba ayam lainnya dari Amerika. Yang lebih penting lagi, restoran ayam Al Baik ini dimiliki oleh pengusaha muslim asal Palestina.

Anda yang pernah umrah atau haji ke Tanah Suci sudah pasti akrab dengan nama Al Baik, atau setidaknya pernah mendengar atau membaca nama ini. Sebenarnya, seperti apa sih wujud ayam Al Baik ini?

Ada beberapa Restoran Al Baik yang terdapat di Makkah, diantaranya sekitar daerah Aziziyah, Zahir, dan di Mall sekitar Masjidil Haram.

Alhamdulillah, Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah
Penampakan Restoran ayam Al Baik di Aziziyah Makkah


Di Aziziyah sendiri, Restoran ayam goreng Al Baik menempati bangunan 2 lantai dengan logo gambar kartun ayam yang lucu. Konsepnya mirip dengan waralaba Amerika, yang menyajikan ayam goreng tepung dan kentang goreng.

Bedanya, ayam goreng Al Baik disajikan dengan porsi yang melimpah. Coba saja pesan paket ayam hot and spicy yang jadi favorit para pengunjung. Tapi jangan kaget bila pesanan traveler datang.

Satu paket ini berisi 4 potong ayam (dada serta paha), segunung kentang goreng, dan juga satu roti burger. Porsinya tentu saja jumbo! Satu lagi, Anda yang memakan Al Baik di Restoran boleh menambah berapapun roti burger yang Anda inginkan, Benar-benar baik ya penjualnya!

Alhamdulillah, Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah
Suasana ramai di dalam restoran Al Baik


Cara makannya pun unik, roti burger ini disobek-sobek seperti halnya orang Arab biasa makan roti shawarma atau roti pita, sebagai pendamping ayam goreng. Saus cocolannya pun beda.

Jika di Indonesia pakai saus sambal, kalau di Restoran Al Baik pakainya saus bawang (garlic) dan juga saus tomat. Saus sambal disediakan hanya di meja makan, namun botolnya ukuran kecil untuk mereka yang mau sambal saja.


Yang uniknya lagi, Pembeli yang akan memesan ayam Al Baik akan diberlakukan sistem antrean dengan nomor urut, seperti akan periksa ke dokter. Nomor antrean ini akan tertera di layar. Begitu dapat giliran, nomor pembeli akan dipanggil lewat pengeras suara.

Alhamdulillah, Sedapnya Wisata Kuliner Ayam Al Baik di Makkah
Ini dia ayam goreng Al Baik yang terkenal lezat itu


Setelah lumayan lama menunggu, pesanan kami pun datang dalam boks alumunium foil persegi panjang. Ada 4 potong ayam yang ukurannya cukup besar dan juga setumpuk kentang goreng. Dijamin kenyang makan satu porsi ayam Al Baik ini!

Ayam goreng tepung Al Baik sendiri kaya akan rasa, tidak kalah dengan yang ada di Indonesia. Cocolan garlic sauce-nya memberikan rasa unik tambahan. Jangan lupa juga cocol dengan saus sambalnya. Cocok di lidah orang Indonesia!

Pantas bila Al Baik cukup terkenal di kalangan jamaah umrah maupun haji dari Indonesia. Harganya pun terbilang sangat terjangkau. Satu paket berisi 4 ayam tadi dihargai sekitar 12 Riyal (setara Rp 40 ribu rupiah). Wah, patut dicoba nih kalau sedang melangsungkan ibadah umroh atau haji.


Loading...