Siapa Bilang Pakai Hijab Bisa Bikin Gerah? Ini Dia Tipsnya

Diposting pada

Salah satu kewajiban seorang muslimah adalah mengenakan hijab atau jilbab. Namun tidak sedikit yang mengeluhkan penggunaan ciri khas seorang muslimah tersebut seperti membuat gerah misalnya. Alhasil mereka pun merasakan ketidaknyamanan ketika melakukan aktivitas. Tak heran jika masih ada wanita muslimah yang enggan menggunakan hijab.

Siapa Bilang Pakai Hijab Bisa Bikin Gerah? Ini Dia Tipsnya

Padahal secara jelas Allah telah memerintahkan hal itu dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 59.

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لِّأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (QS. Al-Ahzab: 59).

Berdasarkan ayat tersebut, maka wajib bagi seorang muslimah untuk menggunakan hijab. Adapun rasa gerah yang timbul saat mengenakannya sesungguhnya ada solusinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gerah saat berhijab.

1. Gunakan Handuk Kering Khusus

Salah satu permasalahan seorang muslimah ketika akan mengenakan hijab adalah rambut yang basah dikarenakan sering berkeramas. Solusinya adalah dengan mengusahakan agar rambut tetap dalam keadaan kering sebelum menggunakan hijab.

Caranya adalah dengan menggunakan handuk kering khusus atau hair dryer. Selain bisa mencegah kerontokan rambut, solusi ini juga bisa mengantisipasi bau apek atau ketombe.

2. Memilih Bahan Hijab Yang Berdaya Serap Tinggi

Aktivitas yang padat atau sering berada di luar ruangan membuat rambut muslimah akan cepat lepek ataupun gatal. Jika terus dibiarkan, hal ini akan membuat rambut rontok atau berketombe.

Untuk mengatasinya, maka pilihlah bahan hijab yang berdaya serap tinggi terhadap keringat. Umumnya bahan yang baik adalah hijab berbahan katun atau kaos.

3. Beralih Ke Shampoo Yang Berbahan Natural

Sebagai substitusi perawatan rambut agar bisa meminimalisir alergi pada kulit kepala, tidak ada salahnya untuk beralih ke shampoo berbahan natural seperti dari ginseng, susu kambing atau teh hijau. Selain itu bisa juga menambahkan masker rambut berbahan alami dari lidah buaya atau bahan lain sehingga rambut akan sehat ketika ditutup oleh hijab.

Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali ketika memang tidak melakukan mobilitas tinggi. Selain mampu menutrisi rambut, perawatan ini juga bisa menciptakan efek rileks.

4. Pemberian Nutrisi Dari Dalam Tubuh

Tubuh sangat memerlukan nutrisi untuk bisa bekerja dengan baik dan terjaga kesehatannya. Rambut pun memerlukan nutrisi vitamin E, B kompleks ataupun C yang didapat dari makanan seperti sayur atau buah-buahan.

Selain itu konsumsi juga makanan berprotein tinggi seperti ikan, kacang-kacangan ataupun daging. Dengan demikian rambut pun akan terjaga kesehatannya dan tidak membuat gerah saat mengenakan hijab.

Baca Juga: Cara Menjaga Rambut Agar Tetap Sehat Saat Berhijab

Demikian beberapa tips untuk menghilangkan gerah saat mengenakan hijab. Semoga bermanfaat.

Loading...