Shaf Shalat Tidak Lurus, Ini Dampak Yang Ditimbulkannya Dalam Diri Seorang Muslim



Sesungguhnya Allah mewajibkan seorang muslim untuk menjalankan shalat yang lima waktu. Tak hanya berbuah pahala bagi pelakunya, namun shalat juga bias berdampak besar bagi perilakunya di dunia.

Shaf Shalat Tidak Lurus, Ini Dampak Yang Ditimbulkannya Dalam Diri Seorang Muslim

Allah Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya shalat itu bisa mencegah dari perbuatan keji dan mungkar,” (QS Al Ankabut 45).

Tentunya hal ini akan bisa terwujud jika seorang muslim dapat melaksanakan shalat dengan benar sebagaimana yang ditetapkan dalam syariat. Namun jika seorang muslim tidak melaksanakannya dengan benar, maka keburukanlah yang justru akan menimpanya.

Salah satunya adalah masalah meluruskan shaf ketika melaksanakan shalat berjamaah. Jika shafnya berantakan atau tidak lurus, maka bisa berdampak negatif yang diantaranya adalah kehancuran umat.

Dari Abu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Luruskanlah dan janganlah kalian melenceng, karena hati kalian pun akan melenceng (bercerai-berai),” (HR Muslim).

Jelas terlihat dalam hadist tersebut bahwa tidak meluruskan shaf shalat akan menyebabkan perselisihan dan menyeret kepada kehancuran.

Allah Ta’ala berfirman:

“Hendaklah kalian taat kepada Allah dan Rasul-Nya! Dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu,” (Al-Anfal:46).

Sementara dalam hadist, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Janganlah kalian berselisih! Karena sesungguhnya orang-orang sebelum kalian telah berselisih hingga mereka binasa,” (HR. Al-Bukhâri)

Dengan demikian ketidaklurusan shaf bisa menyebabkan orang berselisih dan pada akhirnya menyebabkan manusia menjadi binasa serta hilang kekuatannya.

Karenanya luruskanlah shaf shalat sehingga Allah mengharmoniskan hati kita semua dan tidak ada celah bagi setan untuk mencerai-beraikan.

Baca Juga:





loading...