Ini Rahasianya Mengapa Rasulullah Memiliki Bentuk Tubuh Yang Ideal

Ini Rahasianya Mengapa Rasulullah Memiliki Bentuk Tubuh Yang Ideal

author photo
Ajaran Islam tak hanya mempermasalahkan tentang ibadah, namun juga kesehatan manusia itu sendiri. Hal ini pun tampak jelas dalam diri Rasulullah dimana beliau disebutkan dalam beberapa hadist memiliki postur tubuh yang ideal. Tak hanya berperawakan baik, namun juga menarik dan kekar.

Ini Rahasianya Mengapa Rasulullah Memiliki Bentuk Tubuh Yang Ideal

“Bara’a bin Aazib (ra) meriwayatkan: “Rasulullah (saw) tingginya sedang, dengan tulang belikat (pundak) yang bidang. Rambut beliau cukup tebal, panjangnya sampai batas telinga. Saya belum pernah melihat sesuatu yang lebih menarik dari beliau.” (Hadits Bara’a bin Aazib)

“Ali bin Abi Thalib (ra) juga meriwayatkan: Rambut Rasulullah lurus dan sedikit berombak. Beliau tidak berperawakan gemuk dan tidak pula tampak terlalu berat, beliau berperawakan baik dan tegak. Warna kulit beliau cerah, mata beliau hitam dengan bulu mata yang panjang. Sendi-sendi tulang beliau kuat dan dada beliau cukup kekar, demikian pula tangan dan kaki beliau…” (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib).

Ternyata setelah dianalisa, yang membuat Rasulullah memiliki tubuh ideal dan bagus adalah salah satunya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan memiliki pola makan yang baik.

Dari sejumlah keterangan menyebutkan bahwa selepas subuh, Rasulullah terbiasa meminum segelas air dengan sesendok madu. Setelah itu pada waktu Dhuha, Rasulullah memakan tujuh butir kurma ajwa.

Sementara menjelang sore, Rasulullah mengkonsumsi cuka dan minyak zaitun. Namun bukan dikonsumsi langsung, melainkan dikombinasi dengan makanan pokok seperti roti. Adapun pada malam harinya, Rasulullah mengkonsumsi sayur-sayuran yakni pada waktu selepas maghrib sebelum isya.

Baca Juga:



Next article Next Post
Previous article Previous Post