Ini Cara Jitu Ibu Aminah Agar Anaknya Senang Membaca Al Qur’an



Siapa yang tidak ingin mendapatkan anak yang shaleh dan shalehah? Tentu setiap orang mendambakannya. Namun layaknya kertas kosong, orang tua harus berperan aktif untuk mengisinya dengan berbagai kebaikan.

Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan dalam membaca Al Qur’an, seperti yang dilakukan juga oleh keluarga Siti Aminah Sulaiman asal negeri Jiran. Kesadarannya untuk ikut berperan aktif membuat wanita ini berusaha membiasakan anak-anaknya agar senantiasa membaca dan mencintai Al Qur’an. Meski memiliki banyak tugas dan urusan rumah tangga, ia tak ingin jika anak-anaknya buta terhadap Kalamullah tersebut.

Ini Cara Jitu Ibu Aminah Agar Anaknya Senang Membaca Al Qur’an

Kesungguhannya dalam memberikan pendidikan Al Qur’an pun terlihat jelas dimana anak laki-lakinya seperti kecanduan membaca Al Qur’an. Bahkan ia tidak bisa berhenti membaca sehari pun dari firman Allah tersebut.

Lantas bagaimanakah cara Siti Aminah memberikan pendidikan Al Qur’an kepada anak-anaknya? Dilansir dari Siakapkeli, berikut adalah 5 cara membuat anak senang membaca Al Qur’an yang diterapkan Siti Aminah.

1. Berhenti Memerintah Anak Untuk Membaca Qur’an

Cara yang pertama adalah dengan berhenti memerintah anak membaca Qur’an. Yang justru harus dilakukan adalah memberikan teladan atau contoh terlebih dahulu.

Contoh yang Siti Aminah terapkan setiap harinya adalah dengan merutinkan membaca Al Qur’an usai shalat wajib. Meski awalnya sang anak cuek, namun lambat laun anak-anaknya pun penasaran dan mendekati Aminah hingga ingin belajar membacanya.

2. Membuat Halaqah Al Qur’an Di Waktu Luang Keluarga

Agar semakin menguatkan semangat membaca Al Qur’an dalam keluarga, Siti Aminah membuat halaqah Qur’an di waktu yang semua anggota keluarga bisa hadir yakni pada hari Jumat. Di hari tersebut semua anggota kemudian membaca Al Qur’an secara bergantian dan yang biasa dibaca adalah surat Al Kahfi.

3. Mentadaburi Isi Al Qur’an

Untuk membuat anak tertarik dengan isi atau makna Al Qur’an, Siti Aminah membiasakan mentadaburi terjemahan Al Qur’an. Setelah melihat sang ibu konsisten, anak pun menjadi penasaran dan mengikuti apa yang dilakukan ibunya.

4. Menghafal Qur’an Bersama-Sama

Anak-anak Aminah memang biasa menghafal Al Qur’an secara mandiri. Namun untuk membuat mereka lebih semangat, Aminah pun mengajak anaknya untuk menghafal secara bersama-sama.

Dengan begitu Aminah pun mengetahui kesulitan anaknya menghafal Qur’an sehingga tidak memaksakan secara berlebihan.

5. Memuji Anak Di Depan Suami

Guna meningkatkan minat anak dalam membaca Qur’an, Aminah kemudian memberikan penghargaan kepada mereka dengan memberikan pujian di depan sang suami. Dengan begitu usaha anak-anak dalam mempelajari Al Qur’an dihargai dan diakui oleh keluarga.

Baca Juga:





Loading...