Ini Beda Skotlandia Dan Prancis Dalam Memperlakukan Muslimah



Sudah sepantasnya setiap negara menghormati kebebasan beragama penduduknya dan tidak berlaku diskriminatif. Pernyataan ini semakin mencuat setelah sejumlah negara dengan tegas melarang penggunaan simbol-simbol agama di tempat umum.

Ini Beda Skotlandia Dan Prancis Dalam Memperlakukan Muslimah

Salah satu yang menjadi pemberitaan dunia adalah Prancis dimana seorang muslimah dipaksa untuk melepaskan burkini (baju renang muslim) ketika berada di sebuah pantai oleh pihak kepolisian.

Netizen pun banyak yang melakukan pembelaan terhadap muslimah tersebut di media sosial seperti Twitter maupun Facebook. Bahkan media massa yang cenderung kritis terhadap Islam seperti Fox News menganggap sikap Prancis sudah terlalu jauh, sebagaimana yang dilansir dari Indy100.

Ini Beda Skotlandia Dan Prancis Dalam Memperlakukan Muslimah

Padahal di negara lain seperti Skotlandia misalnya, pemerintahnya justru membebaskan busana muslimah tersebut bagi penduduknya. Bahkan polisi Skotlandia secara resmi menyatakan bahwa jilbab menjadi seragam resmi dan opsional bagi polisi muslimah.

Sebelumnya polisi muslimah di Skotlandia harus meminta izin dahulu kepada anggota staf senior ketika hendak mengenakan jilbab saat bertugas. Namun karena sudah resmi, maka perizinan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Dikatakan oleh Kepala Polisi Skotlandia Phil Gormley bahwa dirinya senang telah mengumumkan hal tersebut dan menyambut dukungan dari komunitas muslim serta staf polisi khususnya.

Baca Juga:





loading...